Gelar Media Gathering, KPU Sulut Hadirkan Komisioner Dewan Pers

MANADO, INC. COM-Bertempat di Hotel Arya Duta Manado, KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (29/1/2020) kemarin menggelar kegiatan Media Gathering dengan tema “Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara Bersama Media Sukseskan Pemilihan Serentak Tahun 2020”,

Kegiatan yang dikhususkan untuk awak media ini selain dihadiri oleh komisioner KPU Sulut juga dihadiri oleh Agus Sudibyo salah seorang komisioner Dewan Pers yang juga didapuk sebagai salah seorang pembawa materi. Agus Sudibyo sendiri dalm struktur Dewan Pers menjabat sebagai Ketua Komisi Hubungan Antar

Hal utama yang disampaikan Agus Sudibyo yang dalam struktur Dewan Pers menjabat sebagai Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional. adalah media itu harus bertindak independen.

Terkait informasi yang mengatakan bahwa dewan pers mengintervensi semua lembaga dalam hal kerjasama iklan dan pemberitaan ditampik oelh Agus.
“Dewan Pers tidak turut campur terkait hubungan kerjasama dalam hal ini iklan antara media dengan pihak instansi ataupun perusahaan.
Tidak masalah bila sertifikasi Dewan Pers digunakan untuk mencari iklan. Tetapi yang perlu diingat adalah sertifikasi yang diberikan ke media itu bukan syarat satu-satunya untuk mendapatkan iklan. Itu syarat minimal bukan syarat utama,” tegasnya.

lanjut dikatakan oleh Agus, jika ada media yang sudah memiliki sertifikasi dan tidak terakomodir soal iklan jangan marah.
“Karena itu bukanlah syarat utama, itu hanya syarat minimal agar media bisa menjalin hubungan kontraktual dengan institusi atau perusahaan,” terangnya dihadapan para jurnalis.

Dirinya pun mengatakan bila pemasangan iklan oleh suatu institusi merupakan kepercayaan institusi itu sendiri terhadap media.
“Itu di luar kewenangan Dewan Pers. Tergantung pada institusi dan media masing-masing,” tegas Sudibyo.

“Jadi saya tegaskan pak Ketua, sertifikasi media dan sertifikasi wartawan itu syarat minimal. Syarat yang harus ada untuk menegaskan status profesional, status kelayakan media dan wartawan, tidak ada urusan langsung dengan hubungan kontraktual, bisnis antara media dan institusi atau perusahaan,” kata Sudibyo sambil mengulang bahwa itu di luar kewenangan Dewan Pers.
Sebagai Dewan Pers dirinya berharap agar media yang belum tersertidikasi agar segera mendaftar.
“Baik sertifikasi media maupun uji kompetensi wartawannya,” himbau Sudibyo.

Sementara itu Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dalam sambutannya mengatakan media adalah mitra penting KPU
“Selain untuk membina silaturahmi, kegiatan ini dilaksanakan karena kami menyadari peran penting dalam rangka sukses pilkada, kami tidak akan maksimal dalam sosialisasi pendidikan pada pemilih tanpa peran dari media,”ungkap Mewoh. (**)