Ferry Liando : Terkait Periodesasi Nasdem Harus Banyak Belajar Pada PDI Perjuangan

Foto (istimewa) : Pimpinan Partai Nasdem Sulut Dan Ketua DPP Nasdem Surya Paloh.

Manado,inewscrime.com- Banyak hal tak di ketahui publik mengenai struktur organisasi dalam tubuh partai Nasdem.

Salah satunya adalah tidak adanya  periodesasi dalam masa jabatan ketua DPW (Dewan pimpinan Wilayah.

“tidak ada periodesasi dalam kepengurusan partai Nasdem, hanya penugasan dari DPP (dewan pimpinan pusat,”ujar Faizal Pranoto sekretaris Bappilu partai Nasdem.

Faisal Pranoto juga memberi sinyal kalau jabatan Ketua DPW belum berpindah.Posisi Maximilian Lomban sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dipastikan tak bergeser,”ujar Pranoto usai pelaksanaan halal bihalal Partai Nasdem Sulut di Hotel Peninsula (Jumat,15/6-2019).

“Kalau itu belum ada (pergantian Ketua DPW, red). Kalau level ketua kan kewenangannya dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Tapi kalau perubahan di internal soal kebutuhan,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Akademisi Unsrat darI Fisipol yang juga pengamat politik dan pemerintahan Ferry Liando mengatakan bahwa salah satu ciri partai politik moderen adalah pemberlakuan periodisasi bagi struktur kepemimpinan.

“Parpol itu milik publik yang tata kelolanya tidak dilaksanakan seperti perusahaan. Salah satu fungsi parpol adalah kaderisasi untuk pada akhirnya melahirkan kepemimpinan baru,”tukas dia.

Jika periodesasi kepengurusan tidak dibatasi maka akan sulit bagi parpol itu untuk berkembang terutama melahirkan pemimpin pemimin baru. Sehingga masing masing parpol perlu disiplin dan mempertegas dalam setiap anggaran dasar dan anggaran rumah tangga masing parpol harus memperhatikan batasan Periodesasi,”tambahnya.

Di bagian akhir, putra Malola ini mengatakan bahwa Nasdem harus banyak belajar pada PDI Perjuangan.
“Parpol itu hingga kini sangat sulit mencari penerus Megawati karena sejak dulu PDIP tidak mempertimbangkan regenerasi kepemimpinan.

Penulis : Robby Kumaat Mononimbar