Fanny Legoh : RS Mata Manado Harus Benahi Public Service

Wakll Ketua Komisi IV Deprov Sulut Fanny Legoh

INewscrime.com – Adanya perbedaan mencolok dalam Tata kelola pelayanan RS Mata di Manado dan Klinik Mata Nusantara di Jakarta menjadi salah Satu rekomendasi yang didapatkan oleh
Komisi IV Deprov Sulut di Jakarta.

Di ketahui Klinik Maya Nusantara Di Jakarta dikelola secara profesional oleh swasta. Sedangkan RS Mata kita dikelola birokrasi manajemen pemerintahan.

Berkenaan dengan hal tersebut Sekretaris Komisis Sekretaris Komisi IV bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Sulawesi Utara (Sulut) Fanny Legoh mengatakan Rumah Sakit (RS) Mata Provinsi Sulut harus banyak berbenah, khususnya soal public service dan manajemen diruang kerjamya dideprov Sulut Senin, 13/8-2018.

“Jadi ada perbedaan cukup jauh di samping pengadaan fasilitas dan alat-alat kesehatan. Tapi yang perlu ditiru adalah filosofi pelayanannya yang hebat,” ujar Legoh.

Menurutnya, terungkap dalam dialog sebelum Klinik Mata Nusantara didirikan, banyak pasien memilih berobat ke Singapura.

“Menurut direkturnya dr Refky Roroh banyak orang kita yang Singapore Minded. Tapi dengan pelayanan prima Klinik Mata Nusantara, pandangan itu berubah dan mereka memilih berobat di Jakarta saja,” ujarnya.

Dia mencontohkan, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menteri hingga Panglima TNI melakukan pemeriksaan kesehatan mata di klinik tersebut.

“Sulut bukan tidak mungkin. Kita punya modal sumber daya manusia (SDM) yang banyak dan sangat menunjang. Jika manajemen dan public service ditingkatkan tentu ada kemajuan-kemajuan yang akan menyusul,” tukasnya.

“Dulu kan masalah yang timbul di RSUP Prof Kandou adalah soal pelayanan. Ini yang harus menjadi cermin bagi RS Mata untuk berbenah soal pelayanan,” kunci Legoh. (***)