Disdukcapil Akan Gelar Nikah Masal 15 Pasangan Tanpa Mahar

Talaud, Inewscrime – Pernikahan merupakan Hak asasi setiap manusia sebagaimana yang di atur dalam undang undang nomor 1 Tahum 1974 tentang pernikahan.

Akhir bulan Maret ini, ada hal menarik untuk di simak masyarakat kabupaten talaud. Mengala tidak, pasalanya Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Talaud akan menyelenggarakan nikah masal. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jabes Linda di ruang kerjanya, kamis (23/3/17).

“Akhir bulan Maret ini pihaknya akan melakukan pencatatan sipil masal di 15 kecamatan dari 19 kecamatan yang ada diseluruh Talaud” jelas Linda

Kadis Dukcapil menjelaskan tujuan dari nikah masal ini agar hubungan suami isteri sah secara hukum.

“Hal tersebut dilakukan mengingat masih banyak warga masyarakat khusunya pasangan yang belum melakukan pernikahan alias masih kumpul kebo,” kata Linda.

Selain itu untuk membantu masyarakat agar memperoleh dokumen kependudukan seperti Akta Perkawinan sehingga tidak terkendala dalam pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran anak.

“Kalau tidak ada Akta Perkawinan otomatis tidak dapat mengurus Kartu Keluarga dan juga Akta Kelahiran anak.” Tambah Linda.

Ia mengimbau kepada semua calon Pasutri agar menyiapkan dan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan diantaranya Akte Kelahiran kedua calon mempelai ( photocopy), Surat Nikah Gereja (photocopy) kedua calon mempelai, KTP (photocopy) yang berlaku, Surat Keterangan Belum Pernah Kawin dari Kelurahan/Kecamatan dan lain-lain.

“Catatan Sipil ini tidak dipungut biaya apapun yang kami minta hanya melengkapi semua persyaratan seperti dalam surat edaran yang kami sampaikan melalui pemerintah Kecamatan, Desa atau Kelurahan”Tukas Linda.

” kami sudah diingatkan berkali kali oleh pimpinan dalam hal ini Bupati Talaud sri manalip, bahwa kami akan melayani kebutuhan masyarakat tanpa mahar. ” tutup linda. ( obi )

( obi)