Beranda » Post » Demi Kesejahteraan, HVK Dorong Pemerintah Desa Buat BUMDES

Demi Kesejahteraan, HVK Dorong Pemerintah Desa Buat BUMDES

Herol Vresly Kaawoan Anggota DPRD Provinsi Sulut Bersama personil Komisi I Lainnya Saat Kunjungan Kerja Ke Bolsel. (Foto : istimewa)

MANADO,INC — Komisi 1 DPRD Prov Sulut didampingi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Sulut Bpk Mutu B. Mokoginta melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Adapun kunjungan kerja tersebut guna melkukan  Koordinasi terkait Realisasi dana desa thn 2020 dari kementrian Desa yang dialokasikan untuk Kabupaten Bolsel sebanyak 81 Desa Sebesar 70 Miliar sekian.

Kunjungan tersebut di terima langsung kepala Dinas PMD Kabuparen Bolsel Eka Frie H. Van Gobel S.Stp dan jajarannya

Dalam pemaparan kadis mengatakan
Kab Bolsel di minta oleh Kementrian Desa menjadi Pilot Project dalam penanggulangan Kemiskinan.

Salah satu srateginya dengan
memaksimalkan dan memberdayakan kelompok kelompok masyrakat desa dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat.

Dari hasil pemantauan langsung komisi 1 pada umumnya Realisasi dana desa di kab bolsel sudah berjalan dengan baik.

Terkait hal ini, Komisi 1 DPRD Prov Sulut nerkomitmen akan terus mengawal bantuan dana desa yang ada di Prov Sulut agar penyalurannya tepat sasaran dan tepat guna.

Herol Vresly Kaawoan, salah satu personil Komisi I mengatakan bahwa dirinya akan terus mendorong Desa yang ada di Sulawesi utara jadi mandiri dengan membuat (Bumdes) Badan usaha milik Desa Supaya kelak desa tersebut dapat memberi income Untuk kesejahteraan bersama dan membantu pemerintah atau negara mencapi target indonesia bebas dari negara miskin sehingga ada keseimbang antara pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Ada beberapa desa di Minahasa dan Minahasa Tenggara yang berhasil dengan Badan Usaha Milik Desa contohnya di desa Pulutan Minahasa dan BUMDES di desa Pangu Minahasa Tenggara yang mampu menyumbangkan PAD untuk desa lewat industri rumahan dari masyarakat desa itu sendiri, dan secara otomatis itu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa iti sendiri”tandas Kaawoan.

( Robby)