Deklarasi Bersama Bawaslu Dan Paslon, PJS Gubermur Agus Fatoni Ingatkan Bawaslu Awasi Saat Petahana Masuk Kerja Lagi Tanggal 6 Desember

Foto : Ketua Bawaslu RI &  Sulut Beserta Forkompimda Sulawesi Utara.

MANADO, INC – Menuju Pilkada tahun 2020, Bawaslu Provinsi Sulut menggelar Deklarasi Anti Politik Uang, Hoax dan Politisasi SARA pada Pilkada 2020, jumat (9/10) di Hotel Four Point Manado.

Acara tersebut dihadiri oleh  KetuaKetua Bawslu RI Abhan, S.H., M.H, Ketua Bawaslu Sulawesi Utara Herwyn Malonda,  jajaran Forkompimda mulai dari Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni, Kejati, Kapolda beserta Danrem dan Seluruh calon Gubernur, Walikota dan bupati pun diundang dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Pjs Gubernur Agus Fatoni memberi apresiasi kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara yang konsisten mengawal pelaksanaan tahapan Pilkada agar terhindar dari pelanggaran yang berpotensi dilakukan para pasangan calon (Paslon).

Agus Fatoni mengajak kepada semua pihak yakni penyelenggara Pilkada, Paslon, pemerintah daerah dan masyarakat, saling menunjang untuk menciptakan Pilkada berkualitas dan berintegritas.

“Apresiasi kepada Bawaslu Sulut yang berkomitmen menciptakan Pilkada yang jujur dan adil, bebas politik uang, hoax dan isu SARA,” jelas Agus Fatoni pada konferensi pers usai Rapat Koordinasi Stakeholder Anti Politik Uang, Hoax dan Politisasi SARA pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2020 di Four Points by Sheraton Manado, Manado Town Square (Mantos), Jumat (9/10/2020) sore.

Agus Fatoni juga mengingatkan kepada semua pihak agar pelaksanaan tahapan hingga hari H dan pasca Pilkada 9 Desember 2020 nanti, tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Paling utama tetap menjaga kesehatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tandas Agus Fatoni yang didampingi Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda.

“Enam Desember petahana masuk kerja. Masa tenang tugas Bawaslu mengawasi, juga partisipasi masyarakat sampaikan ke Bawaslu jika melihat potensi pelanggaran,” pungkas Agus Fatoni.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda pada sambutannya mengatakan, Bawaslu Sulut menggalang kekuatan semua pihak demi mewujudkan pilkada berintegritas dan bermartabat.

“Mari ciptakan pesta demokrasi tanpa politik uang agar masyarakat leluasa memilih, ” kata Herwyn Malonda.

Pada kesempatan itu, Malonda menegaskan bahwa publik membutuhkan informasi akurat agar mendapat pemahaman perihal perkembangan tahapan pilkada.

Ia pun meminta semua undangan yang hadir bersama memerangi berita hoax demi mewujudkan pilkada berkualitas.

“Mari berikan pendidikan politik yang baik. Rakyat wajib mengawal semua tahapan dan melaporkan jika terjadi pelanggaran. Ingat, sukses hajatan ini membutuhkan partisipasi positif kita semua, ” tandasnya.

Terinformasi, sebelum kegiatan deklarasi mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sukses dan berintegritas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara telah lebih dahulu menggelar Rapat Koordinasi Stakeholder Anti Politik Uang, Hoax dan Politisasi SARA pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2020 di Four Points by Sheraton Manado, Manado Town Square (Mantos), Jumat (9/10/2020) sore.

Pantauan media ini Bawaslu beserta managemen Hotel Four Pint beserta pihak kepolisian yang tergabung dalam Satgas Covid-19 sangat ketat dalam menjalankan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19.

(Redaksi)