Danrem 131/Santiago Paparkan Proxy War dan Wawasan Kebangsaan Dihadapan Ratusan Peserta Jumbara II

Foto : Suasana Jumbara II

Manado,INewscrime.com– Danrem 131/Santiago Paparkan Proxy War dan Wawasan Kebangsaan Dihadapan Ratusan Peserta Jumbara II

INewscrime.com – Dalam acara pembukaan Jumbara PMR PMI II 2018  yang dilaksanakan PMI Kota Tomohon, Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri berkesempatan memberikan materi wawasan kebangsaan dengan materi Proxy War di Bumi Perkemahan Lansot, Kecamatan Tomohon Selatan, Kamis (28/6/2018).

Dihadapan 356 peserta Jumbara PMR PMI II, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri menjelaskan bahwa Proxy war merupakan perang masa kini dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga atau komponen lainnya untuk berperang melalui aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial dan aspek lainnya.

Perang Proxy atau Proxy War merupakan perang antara dua pihak yang tidak saling berhadap-hadapan namun menggunakan pihak ketiga untuk mengalahkan musuh. Tidak dapat dikenali secara jelas siapa kawan dan siapa lawan, karena musuh menggunakan dan mengendalikan pihak ketiga.

“Indikasi adanya Proxy War diantaranya Gerakan separatis, Demonstrasi massa dan Bentrok antar kelompok,” ujar Danrem disela-sela kegiatan berlangsung.

Kegiatan ini diharapkan para peserta perkemahan Jumbara mempunyai pemahaman dan berwawasan kebangsaan yang luas. Karena para peserta perkemahan Jumbara adalah calon pemimpin dimasa yang akan datang.

Danrem juga menyampaikan beberapa macam cara untuk menangkal proxy war diantaranya selalu mengidentifikasi dan mengenali masalah, ahli dalam bidang dan disiplin ilmu masing-masing, mengadakan komunitas belajar serta merintis program pembangunan berkarakter demi kemaslahatan bangsa dan negara ini.

Dalam pemaparannya, Danrem 131/Santiago didampingi oleh Ketua PMI Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan yang juga merupakan Wakil Walikota Tomohon, Para Kasi Korem dan pengurus PMI kota Tomohon.
(tsir)