Dana Pengangkatan dan Pemindahan Waruga Rp.180 Juta Rupiah Tak Tau Kemana

Waruga kuwil yang dipindahkan

Waruga kuwil yang diangkat dan dipindahkan

Kuwil, iNewsCrime – Problema Waruga sebagai cagar budaya bersejarah, yang mestinya di lestarikan di Desa Kuwil tak kunjung selesai. Setelah melakukan pengangkatan dan pemindahan oleh panitia, ternyata uang yang menjadi hak panitia termasuk didalamnya tokoh agama dan budayawan akhirnya tak kunjung diterima, setelah sebelumnya akan dibayarkan oleh Dinas Parawisata dan kebudayaan Kabupaten Minahasa Utara.

“Kami tidak bermaksud meminta dan mengambil uang tersebut, yang kami inginkan hanya keterbukaan bagi kami sebagai panitia pengangkatan dan pemindahan situs bersejerah dikarenakan kami mendapat pemberitahuan kalau panitia akan dibayarkan, padahal awalnya kami tidak ingin ada pembayaran, kami akan melakukan pekerjaan dengan suka rela ini sebagai tanda hormat kepada leluhur kami, tetapi ketika disampaikan oleh Dinas Parawisata dan kebudayaan kabupaten Minahasa Utara kalau pengangkatan dan pemindahan ini akan dibayar oleh Dinas terkait. Jelas Paulus kodong selaku Kepala Desa Kawangkoan.

Kepala desa kawangkoan paulus kodong

Lebih lanjut kodong mengatakan “Jujur kami tidak memintah uang itu… tapi kami ingin ada kejelasan biar tim panitia tidak bertanya-tanya dikemanakan dana 180 juta ini” ungkap kepala Desa Kawangkoan Paulus Kodong kepada media, (7/3/17)

Menurut Paulus “sampai sejauh ini, tidak ada informasi yang jelas terkait dana 180 juta ini, kami berharap semua ini akan diperjelas” tutup Kodong. (Sisca)