Catatan Kritis Jhon Dumait Terkait Tagline “SULUT BANGKIT” Dari Salah Satu Calon Gubernur SULUT

Foto (ist)  : Jhon Dumais

SULUT, INC — Sebagai warga negara yang baik, memiliki hak politik yang sama dan punya kesempatan Untuk mencalonkan dan dicalonkan.

Tetapi sebagai warga SULUT, memiliki juga punya hak untuk memilih kandidat yang terbaik berdasarkan rekam jejak serta bukti yang dihasilkan selama ini (hasil selama memimpin) dan kesempatan yang baik ini.

Ijinkan kami menulis catatan kritis SULUT BANGKIT.

Kita semua tahu bahwa BANGKIT menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) memiliki arti : 1.Bangun dari tidur/duduk.

2.Hidup kembali.

3.Timbul atau Terbit ( marah ).

4.Kambuh ( Penyakit ).

5.Beterbangan ( debu ).

6.Mulai memulai ( adonan ). Dari artinya kita tahu bersama bahwa pasangan tersebut punya kerinduan untuk mengantar SULUT lebih Hebat.

Tapi perlu juga kita ketahui bersama fakta fakta empiris serta rekam jejak yang ditinggalkan selama 10 tahun memimpin Kapupaten yang katanya sarat dengan berbagai kemajuan serta apresiasi dari berbagai kalangan, tetapi faktanya dibeberapa desa & kecamatan sampai hari ini tidak pernah menikmati jalan, jembatan bahkan lampu penerangan jalan.

Bahkan mewariskan dan Menyisakan 7 kasus Korupsi yang mengorbankan karir dari ASN yang dipimpinnya.

Mari kita lihat satu persatu apa yang telah dicapai oleh Pejabat yang bersangkutan.

Mari kita telaah satu persatu Untuk mendapatkan serta menentukan pilihan kita.

1. Apakah selama memimpin 10 tahun yang bersangkutan mampu menekan angka kemiskinan, kalau toh angka kemiskinan mampu ditekan mari kita objektif, apakah peran APBD Kabupaten atau APBD Propinsi sebagai strategi jitu dimana ODSK ( Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan ) mampu menurunkan angka kemiskinan setiap tahun yang sekarang berada di angka kisaran 6 sekian % dari 8,98 % ditahun 2016.

2. Apakah selama memimpin 10 tahun yang bersangkutan mampu menarik investor untuk menanam modal di kabupaten yang dipimpinya hal ini bisa dilihat berapa besar serapan tenaga kerja lokal.

3. Seberapa besar dan banyak keberhasilan menarik minat Pemerintah Pusat untuk pengerjaan Proyek proyek besar dan strategis.

Maaf Saya haturkan dari sisi ini Pasangan OLLY STEVEN lebih memiliki kelebihan dari hubungan Sinergitas, Kedekatan serta Jaringan dengan Pemerintah Pusat ( Presiden Jokowi & Partai Pemenang Pemilu PDIP ).

4. Seberapa majunya perhatian disektor Pendidikan oleh Bupati yang bersangkutan, malahan yang sayup terdengar gagalnya program beasiswa mahasiswa di kabupatennya yang belum atau tertunda pembayaran.

Sementara Pasangan OLLY STEVEN Mampu memajukan sektor pendidikan dimana selama 3 tahun berturut turut berhasil meraih penghargaan Ki Hajar Dewantara Award atas keberhasilan di sektor pendidikan, angka melek huruf 95,56%, Guru bersertifikasi diatas 50%,162 sekolah SMA sederajat telah tersertifikasi dan telah mencetak Guru guru berprestasi yang banyak.

5. Apakah Bupati yang bersangkutan selama 10 tahun memimpin Kabupatennya mampu mensejahterakan Petani, Peternak?.

Ini dapat dilihat dari berapa besar APBD yang dialokasikan sebagai tanda perhatian disektor pertanian perkebunan.

Maaf justru isu profokatif yang dilemparkan bahwa Pasangan OLLY-STEVEN yang bertanggung jawab atas turunnya harga cengkih dipasaran padahal ibarat pepatah ” Menepuk air didulang terpercik muka sendiri ” dimana kita ketahui bersama, ketika ORBA ada yang namanya BPPC dimana badan ini mengatur harga cengkih sehingga membuat petani tidak berdaya, hanya pasrah kepada nasibnya harga sudah diatur, dibuat seragam.

Yang konon info yang masuk ke penulis bahwa Bupati yang bersangkutan juga adalah salah satu direktur atau masih ada bau-baunya yang paling bertanggungjawab, Sementara saat ini diserahkan kepada mekanisme pasar.

5. Apakah Bupati yang bersangkutan selama 10 tahun memimpin berhasil meningkatkan sektor kesehatan yang berkualitas?.

Maaf! yang saya (penulis) amati dan ketahui fakta dan data dilapangan ada beberapa Puskemas tidak memiliki dokter bahkan warga kabupaten yang dipimpin harus berobat ke Ibukota Propinsi, untuk dapat dipenuhi hak kesehatan mereka sebagai warga negara, sementara keunggulan Pasangan OLLY STEVEN Mampu mengoptimalkan pelayanan kesehatan dengan meningkatnya 178 Puskesmas terakreditasi, Rumah Sakit yang terakreditasi bertambah menjadi 41 dimana pada tahun 2016 hanya terdapat 11 Rumah Sakit yang terakreditasi.

6. Apakah selama memimpin kabupatennya Bupati yang bersangkutan berhasil membuka akses pariwisata sehingga membuat/mendatangkan para wisatawan asing maupun domestik?. Maaf justru penulis melihat peran dan porsi anggaran disektor ini sangat minim bahkan tidak ada perhatian sama sekali.

Ada beberapa daerah yang sebetulnya memiliki potensi wisata alam ( air terjun, pantai,gunung ),wisata religi/budaya, wisata pertanian dll belum tersentuh.

Sementara Pasangan OLLY STEVEN justru sudah jauh lompatan di sektor pariwisata dimana setiap Minggu ada ribuan turis asing yang berkunjung ke SULUT yang didukung dengan langkah berani membuka jalur penerbangan langsung ke Cina bahkan sekarang ditambah lagi dengan dibukanya jalur penerbangan ke Jepang.

7 . Apakah selama memimpin Kabupatennya Bupati yang bersangkutan bisa mewujudkan tingkat Kesejahteraan masyarakat yang dipimpinya? dimana hal ini bisa kita ketahui dimana posisi kabupatennya diantara Kabupaten/Kota se Sulut.

Pasangan OLLY STEVEN dengan Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, Simplifikasi & Sinergitas yang baik mampu Mewujudkan Kesejahteraan dimana SULUT berada di Peringkat 7 Nasional & Tertinggi se Sulawesi & Indonesia Timur dimana INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA ( IPM ) sebagai indikator umum dalam mengukur Kesejahteraan masyarakat sangat membanggakan.

Akhirnya ketika kita memahami arti kata BANGKIT MENURUT Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) maka kita akan paham tentang sebetulnya apa yang mau di BANGKITKAN sementara SULUT hari ini ketika dipimpin pasangan OLLY STEVEN Menorehkan berbagai macam perkembangan & trend yang membanggakan,” ungkap Jhon Dumais.

Ditambahkanya pula Belum lagi berbagai sektor lainnya yang sarat akan prestasi sehingga PRESTASI SULUT Nimbole Brenti, dimana SULUT harus memberikan kesempatan untuk Melanjutkan Kepemimpinan selanjutnya bagi Pasangan OLLY STEVEN. Kesetiaan, Loyalitas, Penghargaan dari hubungan Sinergitas antara OLLY STEVEN di Periode pertama patutlah kita semua apresiasi karena Pasangan ini saling Memahami luar dalam ( Kesetiaan ) faktor utama sehingga ibarat hubungan Suami Istri tidak terjadi Gonta ganti pasangan ( kawin cerai ).

Yang ujung-ujungnyanya Rakyat SULUT Menikmati & Merasakan Keberkahan akibat Kekompakan & Soliditas OLLY STEVEN. Ini pilihan kami untuk Gubernur & Wagub SULUT, mana pilihan mu?” tutup JD panggilan akrabnya.

” Ayo kita jual konsep & gagasan Untuk SULUT Lebih Maju, Hebat & Sejahtera.. Terimakasih Salam PERSATUAN INDONESIA 👌👌👌 & Salam METAL 🤟🤟🤟..🙏🙏🙏 Jhon Dumais TIM KAMPANYE OLLY STEVEN Anggota Bidang Kampanye. Bitung,20 Oktober 2020.

(**/Robby)