Bupati Tetty Paruntu Ikuti Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Amurang, iNewsCrime.com – Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu,SE hadir pada acara Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2017 di Ballroom Birawa Hotel Bidakara Jakarta. Rabu (15/03/2017).

Rakornas kali ini dimaksud untuk menyamakan persepsi dan koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pencegahan, penghentian dan pemulihan konflik sosial serta di jadikan evaluasi terhadap laporan- laporan penanganan konflik sosial dibeberapa daerah.

Selain pembentukan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial yang telah terbentuk sejak tahun 2014 melalui SK Bupati, sesuai amanat Inpres nomor 12 thn 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental telah dibentuk gugus tugas daerah Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Minahasa Selatan.

“Karena langkah awal dari penanganan konflik sosial dimasyarakat yaitu melalui Gerakan Revolusi Mental.” kata Paruntu.

Dalam mewujudkan komitmen ini, dilakukan penandatanganan pedoman kerja atas nota kesepakatan antara Polri dengan Kemendagri, Kemensos, Kemenkes, Kemeninfokom, Kemen PPA, TNI dan BIN tentang penghentian kekerasan fisik dan perlindungan korban dalam rangka penanganan konflik sosial, yang disaksikan oleh Menko Polhukam, dan Menteri Dalam Negeri.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, berharap, Dengan dilaksanakan Rakornas ini semakin meningkatkan sinergi dan koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, melihat dinamika kehidupan masyarakat yang semakin kompleks. Pembangunan disegala bidang membutuhkan stabilitas keamanan. Butuh kebersaman antara pemerintah ,TNI, Kepolisian Kejaksaan, BIN dan berbagai elemen untuk mencegah ancaman terhadap NKRI.
(Ismail Arjuna)