Bahas Pilkada Serentak, Komisi 1 RDP Dengan bawaslu dan KPU

Foto: Ketua KPU dan Bawaslu Sulut Bersama Personil Komisi I DPRD Sulut.

MANADO, INC.COM- Pilkada serentak Tahun 2020 sudah didepan mata. Segala persiapan menjelang hajatan akbar itu mulai dipersiapkan oleh pemerintah lewat Komisi Pemilihan Umum.

Menindaklanjuti itu, Komisi I DPRD Sulut yang berhubungan langsung dengan pemerintahan, hukum dan HAM, Selasa (28/01/2020) sore tadi melakukan hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut, di gedung DPRD Sulut.

Rapat yang dipimpin langsunh Ketua Komisi I Vonny Paat dan didampingi anggota Komisi Ronald Sampel, Winsulangi Salindeho, Imelda Novita Rewah dan Fabian Kaloh ini menerima penjelasan panjang dari KPU dan Bawaslu menjelaskan mengenai tahapan yang sudah dilakukan masing-masing.

Sebagaimana dikatakan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, saat ini Bawaslu masih mengawasi tahapan seleksi PPK.

“Bawaslu Sulut mengawasi langsung proses rekrutmen PPK yang sedang berlangsung saat ini,” jelas Herwin Malonda.

Sementara, Ketua KPU Ardiles Mewoh menjelaskan, pihaknya masih pada tahap seleksi PPK yang dilakukan KPU kabupaten/kota. Setelah itu KPU akan masuk tahap seleksi PPS dan dilanjutkan dengan calon perseorangan.

“Tahapan untuk calon perseorangan Bulan Februari nanti,” aku Ardiles Mewoh.

Untuk itu, ditambahkan Ardiles Mewoh, pihaknya mendorong pemerintah daerah yang akan menggelar Pilkada untuk melakukan pencairan anggaran tepat waktu karena anggaran hal itu sudah diatur dalam NPHD.

“Dampak jika terjadi keterlambatan pencairan adalah pada pelaksanaan tahapan Pilkada si kabupaten/kota pelaksana Pilkada,” tandas Mewoh.

Diketahui pada pilkada serentak ini Provinsi Sulawesi utara akan menggelar pemilihan Kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur dan 4 pemilihan Bupati dan 3 pemilihan Walikota. Untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) ada Boltim, Bolsel, Minut dan Minsel. Untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) ada Manado, Bitung dan Tomohon. Serta ada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulut,” jela

Adapun akhir masa jabatan kepala daerah yang akan digelar Pilkada Serentak adalah:
Sulut, berakhir masa jabatan 16-6-2021
Kota Tomohon, berakhir masa jabatan 17-2-2021
Kabupaten Minut, berakhir masa jabatan 17-2-2021
Kabupaten Minsel, berakhir masa jabatan 17-2-2021
Kabupaten Boltim, berakhir masa jabatan 17-2-2021
Kabupaten Bolsel, berakhir masa jabatan 17-2-2021
Kota Bitung, berakhir masa jabatan 30-3-2021
Kota Manado, berakhir masa jabatan 9-5-2021. (**/rkm)