Badan Kearsipan Kabupaten Minahasa Utara Akan Membuat Buku Dokumentasi Daerah

Airmadidi, iNewsCrime – Minahasa Utara memiliki berbagai suku, budaya, agama, objek wisata, pemerintahan dan sebagainya, sudah selayaknya dirangkum menjadi satu dokumentasi yang sangat penting agar bisa diketahui oleh semua orang, maka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Minahasa Utara merangkumnya menjadi satu buku agar mudah diingat dan dapat memeberikan pengetahuan tentang kabupaten Minahasa Utara kepada Anak-anak dan cucu kita.

Hal itupun menjadi keinginan dari Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Minut, Drs Maximelian Tapada. “Sejak dipercayakan ibu Bupati menjadi pejabat di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Minut, sudah sudah memiliki kemauan untuk membuat buku arsip daerah atau dokumentasi,” ujar Tapada kepada wartawan, Rabu (25/1) siang.

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Minahasa Utara merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru dibentuk pada tahun ini.
Sehingga, untuk membuat buku tersebut belum dianggarkan dalam APBD 2017. “Kita akan upayakan kalau bisa dianggarkan dalam APBD Perubahan atau induk tahun depan, Sebab membuat buku ini tidak ada anggaran dalam APBD induk 2017,” jelas Tapada.

Ditanyakan, apakah pihaknya hanya sendiri membuat buku itu, Tapada menjelaskan jika Badan Perpustakaan dan Kearsipan akan menggandeng SKPD terkait lainnya. Sebab, dokumen kearsipan daerah masih kacau sehingga perlu diperbaiki.

“Kearsipan perlu dibenahi lagi dan kita akan kerjasama dengan SKPD terkait. Jadi kita tidak akan melibatkan yang lain selain SKPD terkait dalam pembuatan buku itu,” tambahnya.

(Sisca)