Astaga!!! Tidak Indahkan Instruksi Gubernur, SMK VI Manado Masih Pungut Komite Dan Mengangkat Guru Honor

INewscrime.com– Sudah berulang kali diperingatkan oleh Gubernur Olly Dondokambey agar tidak ada lagi pungutan komite dan pengangkatan  guru honor di SMA dan SMK. Namun kenyataannya masih saja ada sekolah yang melakukan itu.

Terpantau di SMK 6 Manado, sekolah yang beralamat di jalan Gunung Kerinci, Bumi Nyiur, praktek tersebut masih dilakukan oleh pihak sekolah.

Menurut pengakuan Ferry Lumenta bagian Humas SMK VI, sekolah tersebut memliki sekitar 1400 Siswa dan memerlukan sekitar 9O-92 guru namun guru ASN yang ada hanya 38 di tambah THL 18 orang kalau tidak ada guru honor anak anak yang lain akan terlantar karena tidak ada guru yang mengajar,”ungkapnya pada media.

Pada awak media Fery Lumenta mengatakan pungutan komite tersebut bervariasi dari 50-100 ribu itupun atas kesepakatan bersama komite dan pihak sekolah. Dari sekitar 1400 siswa ada 60 persen siswa yang rutin membayar itupun tergantung kemampuan masing masing siswa dan uang komite tersebut yang digunakan untuk membayar gaji para guru honor, “ungkap Fery Lumenta.

Lucunya saat INewscrime.com meminta nomor dari kepala sekolah, Ferry Lumenta sebagai humas disekolah tersebut mengaku tidak memiliki nomor dari Bapak Vicky Jr Umboh kepala sekolah SMK VI Manado.

Berkaitan pungutan dengan dalih komite. Ketua Komisi IV Deprov Sulut James Karinda SH.MH mengatakan apapun alasannya kalau sifatnya rutin apalagi tidak ada pertanggungjawaban itu adalah pungli dan berakibat hukum bagi Kepala sekolah yang memberlakukan itu, “tegasnya.

Kadis Pendidikan Prov Sulut dr Grace Punuh saat disampaikan via Whatsapp  mengenai masalah tersebut berjanji akan segera menindaklanjuti laporan tersebut. (rkm)