PUNCAK PERAYAAN HARI AIR SEDUNIA BALAI SUNGAI WILAYAH SULAWESI 1 GELAR BERSIH BERSIH SUNGAI

Manado, INewscrime – Masih dalam rangkaian memperingati hari Air  Balai sungai wilayah Sulawesi 1 pada selasa, (21/3) melaksanakan kegiatan sapu sungai yang berlokasi di daerah aliran sungai Bahu.

Kepala Badan penanggulangan bencana Sulawesi Utara Noldy Liow dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulut mengatakan  agenda ini merupakan sesuatu hal yang penting dilakukan agar masyarakat  peduli akan lingkungan sekitarnya.

Membuka kegiatan tersebut diadakan   penyerahan bantuan untuk masyarakat di kecamatan malalayang berupa tong sampah.

Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi I Ir. Jidon Watania yang di dampingi oleh kabit PU dan Ketua Panitia  menggatakan ” Tujuan  Program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Adalah   Kita harus menyelamatkan Air seperti Sumber – sumber  air yang ada seperti Mata Air dan Sungai, olehnya lewat kegiatan ini diharapkan Masyarakat Sadar akan kebersihan lingkungan salah satunya meningkatkan  kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, ” ujarnya.

Lanjut dikatakan oleh Djidon, Air bisa menjadi berkat bagi kita semua. Tapi air juga bisa menjadi bencana bagi kita kalau tidak  di pelihara dan tidak dikelola dengan baik, “ujarnya.

Ditambahkannya lagi kegiatan sapu sungai ini secara rutin akan dilaksanakan di 6 Daerah aliran sungai lainnya di Kota Manado.

Dijelaskan  oleh Pantia  agenda agenda lain yang telah dilaksanakan dalam rangkaian hari Air sedunia ini adalah   Lokakarya untuk mendengarkan masukan masukan dari semua elemen masyarakat  dan pemerhati lingkungan. Kegiatan lainnya adalah penanaman pohon yang di pusatkan di minahasa selatan tepatnya di Desa Bajo Kecamatan Tatapaan dan juga di Bolmut.

Di bagian akhir wawancara Balai Sungai Wilayah Sulawesi 1 memberi apresiasi buat pihak Swasta yang sejauh ini sangat banyak membantu program dari Balai Sungai Wilayah Sulawesi 1.

“Selama ini pihak Swasta ternyata banyak melakukan  penanaman kembali pohon pohon di hutan hutan yang sudah gundul dan itu sanggat berguna untuk menjaga Keberlangsungan sumber air, “tukas Djidon mengakhiri wawancara.

(Bob)