Rocky Wowor : UMP Naik, Pekerja Lokal Harus Refleksi Diri.

Foto : Rocky Wowor Anggota DPRD Sulut Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bolmong Raya.

INewscrime.com- Kekhawatiran akan semakin banyaknya pencari kerja dari luar Sulawesi Utara sebagai dampak dari kenaikan UMP yang berada di Kisaran 3 jutaan. Di tanggapi bijak oleh Rocky Wowor, Legislator muda PDI Perjuangan dari dapil Bolmong Raya.

Pada INewsrime.com dirinya mengatakan dengan naiknya UMP tenaga kerja lokal harus lebih membuka mata dan melakukan refleksi diri.
“Kalau tenaga kerja lokal bagus kenapa harus ambil dari luar, kwalitas kerja serta etos kerja harus di tingkatkan. Intinya pekerja lokal kita harus mawas diri,”tukas legislator yang kembali mencalonkan diri di Dapil Bolmong Raya lewat partai PDI Perjuangan.

Terkait dengan tenaga kerja asing yang bekerja di Sulut, dirinya mengatakan bahwa dirinya setuju jika yang dipekerjakan adalah tenaga ahli. Menurutnya tenaga kerja asing secara langsung akan dapat mentransfer ilmu mereka pada tenaga tenaga kerja lokal.
“Kalau tenaga ahli saya setuju, karena bisa transfer ilmu dari mereka, tapi kalau jadi kuli “user pa dorang” karena itu sama deng merampas jatah para pencari kerja lokal, “tegas dia.

Dirinya juga mengingatkan di era persaingan kerja sekarang memungkinkan semua pencari kerja untuk mencari kerja di mana saja termasuk di Sulut.
“Di luar Manado seperti Jakarta, Kalimantan begitu juga Gorontalo banyak orang Sulawesi Utara bekerja disana, toh masyarakat disana tidak pernah komplain. Intinya masyarakat tak usah khawatir, persentasi pekerja dari luar di Sulut hanya 10-15 persen sisanya tetap diisi oleh masyarakat Sulut,”kunci Rocky

Penulis : Robby Kumaat Mononimbar.