Warga : Terimakasih Pak Tentara

Manado, iNewscrime – Jajaran Kodim 1309/Manado bersama masyarakat Kelurahan Bailang Kecamatan Bunaken Kota Manado dan Desa Talawan Bantik Kabupaten Minahasa Utara merehab Menara Gereja dan TK Al-Quran dan jalan penghubung jembatan gantung yang menghubungkan Desa Talawaan Bantik dan Talawaan Bajo dalam rangka kegiatan Karya Bhakti Tingkat Pusat.

Warga dan TNI saat mengerjakan anak tangga menuju ke Gereja Effata Bailang.

Dandim 1309/Manado Letkol Arm Toar Pioh S.Ip M.Si (han) didampingi Danunit Intel Kodim Lettu Czi Sardi Mamonto S.H M.H mengatakan, kegiatan Karya Bhakti ini merupakan wujud kepedulian TNI memebantu masyarakat dan wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat karena dalam pengerjaan dibantu oleh masyarakat.

“Jembatan ini sangat berfungsi sangat bagi masyarakat sebagai akses untuk kebutuhan hidup sehari-hari, kondisinya yang rusak berat menyebabkan roda kehidupan masyarakat menjadi terganggu,” kata Dandim, Jumat (15/9/2017).

Warga bersama TNI saat merehab Jembatan Gantung di Desa Talawaan Bantik.

Menurut Hilda Humaisi (46), warga Talawaan Bantik mengatakan selama ini masyarakat di dua desa kalau melintas takut-takut karena sudah rusak tapi sekarang sudah tidak takut dan was-was lagi.

Jembatan gantung ini dibangun sejak tahun 2010 lalu, jembatan ini hanya diperbaiki sekedarnya saja dengan swadaya masyarakat, baru dari Kodim 1309/Manado inilah yang merehab.

“Kami ucapkan terima kasih Pak Tentara, karena selama ini perbaikan hanya dilakukan sekedarnya saja dan swadaya masyarakat namun dengan hadirnya Tentara dengan kegiatan Karya Bhakti Tingkat Pusat maka perbaikan pun dilakuka,” ucap Hilda.

Dirinya menambahkan, bahwa akses jembatan gantung ini merupakan akses utama yang digunakan oleh masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian dan jalur transportasi anak-anak menuju sekolah dan kehidupan masyarakat dari kedua desa.

“Jembatan ini merupakan jalur alternatif untuk mengangkut hasil bumi masyarakat dan jalur anak-anak menuju ke sekolah, selama ini rusak berat. Dengan adanya perbaikan ini tentu saja kami sangat terbantu,” jelasnya.

Dandim 1309/Manad Letkol Arm Toar Pioh saat menunjau langsung Karya Bhakti Tingkat Pusat di Gereja Effata Bailang.

Senada dengan Hilda Humaisi, Pendeta Gereja Effata Bailang Nixon Siwi S.Th mengatakan, mewakili masyarakat Bailang dan khususnya warga Gereja mengucapkan, terimakasih yang sebesar-besarnya kepada TNI khususnya Kodim 1309/Manado yang telah membantu kami dalam merehab menara gereja, pagar gereja, bahkan sudah mengadakan lonceng gereja. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kami.

“Semuanya pengadaanya dari Kodim 1309/Manado, dari material bangunan hingga pengadaan lonceng gereja, semua dari Bapak Tentara. Terimakasih Bapak-bapak Tentara, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati semua Prajurit TNI dimana saja khususnya Jajaran Kodim 1309/Manado,” kata Pdt Nixon.

Harapannya semoga kegiatan-kegiatan seperti ini juga dilakukan disemua tempat-tempat ibadah agama lain, sehingga TNI makin dicintai oleh rakyat.

“Semoga kedepan, tempat-tempat ibadah agama lain jua menjadi sasaran karya bhakti dari TNI, sehingga dengan kegiatan seperti ini bisa tetap terjaga kebhinekaan kita,” harapnya.
(tsir)