Tuwongkesong Pertanyakan PAW Edwin Lontoh

J. Petrus Tuwongkesong 

INewscrime.com– Proses PAW beberapa legislator yang terkesan sengaja diperlambat dikeluhkan oleh salah satu calon PAW J. Petrus Tuwongkesong yang di gadang gadang akan menggantikan Edwin Lontoh dari Partai Demokrat yang SK PAW (pergantian antar Waktu) nya sudah masuk ke sekretariat dewan sejak Februari 2018.
” Semua berkas terkait PAW sudah dimasukkan sejak Februari tapi entah kenapa sampai hari ini prosesnya semakin tidak jelas, teeakhir saya dengar informasi Pak Edwin Lontoh mengajukan keberatan pada Mahkamah Partai terkait pemecatannya sebagai anggota dan sampai kapan itu berproses saya juga bingung, “keluh Tuwongkesong.

Edwin Lontoh Saat Mengikuti Pembahasan di DPRD Sulut Pasca SK PAW dirinya Berproses.

Terkait ini pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka mengatakan masalah PAW harusnya jadi prioritas pertama (P1).
“Seharusnya secepatnya di proses bahkan dijadikan Prioritas Pertama (P-1). Ini penting karena secara politik mereka sudah bukan anggota dewan karena sudah bukan anggota parpol pengusungnya. Namun ini ada kelemahan lain juga dimana secara administrasi mereka masih harus diproses dan prosesnya memakan waktu dimana berimbas kepada lambatnya “PAW”, “papar Abang sapaan akrabnya

Kedepan hal hal seperti ini harus dibuat solusinya karena ini juga menyangkut kecepatan dan tertib administrasi serta hak / kewajiban politik,”ujarnya lagi.

Diketahui bahwa beberapa anggota DPRD Sulut kini sedang berproses PAWnya selain Edwin Lontoh ada Bart Senduk dan Ivone Bentellu namun menurut keterangan Sekwan DPRD Sulut Bhartolomeus Mononutu semuanya sementara berproses.Begitu juga Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw yang mengatakan pada media usai paripurna kemarin Jumat, 14/9-2018 di DPRD Sulut bahwa semua berkas PAW yang masuk kalau memang sesuai mekanisme pasti akan diproses, ujar Angouw singkat pada para awak media.