Salah Truk Saat Melakukan Pengangkutan di Areal Galian C Desa Solimandungan.

Bolmong, INewscrime.com-  Meski sudah beroprasi selama tiga tahun lamanya tanpa mengantongi izin, galian C yang terletak di Desa Solimandungan, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow, seakan tidak takut dengan pemerintah setempat.

Buktinya, hingga Jumat (08/11/2019), lokasi yang dikelola lelaki bernama Fadly, tetap melakukan explorasi di sungai dengan menggunakan alat berat jenis exavator.

Terpantau, hampir setiap 15 menit ada mobil truck pengangkut batu keluar dari lokasi galian C terebut.

Dari penelusuran media ini, ternyata material batu yang dikeruk dari sungai dibawa ke Crusher milik salah satu pengusaha asal Manado. Lokasi pengolahan batu tersebut berada dalam kawasan milik PT Sulenco dan PT Conch.
Menurut salah satu warga sekitar yang tidak berani menyebutkan namanya, lokasi tersebut sudah berulang kali ditutup dan dipolice line (garis polisi), tapi tetap saja dibuka kembali.

Kepala Cabang Wilayah III Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Daerah, Arter Wowiling ketika dikonfirmasi menjelaskan, tupoksi kami pengawasan dan pembinaan yang berizin dan tidak berizin.
“Kami hanya bisa memberika sanksi administrasi dan sebatas memberika rekomendasi penutupan terhadap lokasi tersebut. Kami tidak bisa melakukan eksekusi,” jelasnya.

Baca juga:   Panglima Besar Waraney Audy Malonda Desak Pemkab Wamena Meminta Maaf Dan Usut Tuntas Pembunuhan Warga Minsel Di Wamena

Dijelaskan Wowiling, pihaknya sudah dua kali menyurat. Jika pekan depan mereka masih melakukan aktifitas pertambangan, kami akan meminta bantuan pihak kepolisian untuk melakukan penutupan.

“Seharusnya Dinas ESDM dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Bolmong yang melakukan eksekusi karena pemilik wilayah,” terangnya.

Sementara itu, penjelasan dari Kepala DLH Pemkab Bolmong Dessy Makalalag, pihaknya sudah turun lapangan dan sudah sempat menutup lokasi tersebut.

“Ada pengaduan dari masyarakat. Kami turun ke lapangan dan menemukan lokasi tersebut tanpa izin atau tidak memiliki dokumen lingkungan,” aku Dessy.

Saat dijelaskan jika lokasi tersebut masih beroprasi, Dessy menguraikan jika pihaknya sudah membuat berita acara menghentikan kegiatan dilokasi galian C.

“Rencana pihaknya akan menyurat langsung ke pelaku tembusannnya ke Bupati, dimana pelaku harus menghentikan kegiatan di galian C tersebut,” tegas Dessy. (**/rkm)

Truk Angkutan Keluar Masuk Galian C Solimandungan, Pemkab Bolmong Cuek

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.