Terkait Terpeleset Lidah dr Rinny Tamuntuan, Ini Tanggapan Taufik Tumbelaka

MANADO, INEWSCRIME.COM- Menjadi trending topic dan hangat dikalangan masyarakat terkait statement pemberitaan dari Plt Kadis Sosial Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Rinny Tamuntuan soal prostitusi online yang penyebarannya secara tertutup. Membuat Pengamat Politik Pemerintahan Sulut, Taufik Tumbelaka pun harus angkat bicara bahwa dirinya pun sempat kaget ketika melihat pemberitaan media dan mendengar langsung rekaman dr Tamuntuan ketika diwawancarai sejumlah wartawan saat berada di Gedung DPRD Sulut waktu lalu.

Menurut Tumbelaka, sosok dr Tamuntuan dulunya pernah menjadi salah satu nominasi diwacanakan dirinya (Tumbelaka – red)) masuk dalam perekrutan pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut di Kabinet OD-SK (Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven Kandouw).

“Dirinya (dr Tamuntuan-red) merupakan salah satu pejabat dari daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) yang layak “diprovinsikan” karena berprestasi, khususnya Kadis Kesehatan Sulut” terangnya kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulut, Selasa (28/02).

Terkait dengan statement Plt Kadinsos Sulut itupun Tumbelaka menilai kemungkinan dr Tamuntuan masih beradaptasi dengan lingkungan kerjanya yang baru itu.

“Dimaklumkan, karena dirinya masih baru di Dinsos, dimana dirinya berasal dari Dinkes Mitra dan masih terbawa alam pikiran dari sisi kesehatan. Jadi menurut saya, kemungkinan bukan seperti maksud tujuan statement-nya (menyetujui adanya lokalisasi) selain itu dirinya juga mungkin belum terbiasa menghadapi para wartawan peliputan DPRD Provinsi Sulut (secara tiba-tiba berkerumunan mewancarai) jadi istilahnya terjadi Slips of The Tongue (terpeleset lidah), maksudnya ingin menyampaikan A namun tidak lengkap dengan penjelasan, kedepan setiap Pejabat sebaiknya berhati-hati pada saat mengeluarkan statement terutama pada saat wawancara door stop atau “pencegatan” dari wartawan secara tiba-tiba agar tidak terjadi multi interpretasi ujar Tumbelaka.
“Masalah ini sebenarnya tidak perlu dipolemikkan, fokus saja memantau kinerja dia selaku Plt. Kadiskes Sulut, namun kalau boleh memberi masukan, dia lebih pas menjadi Kadiskes Sulut karena sebagai Kadiskes Mitra sudah terbukti berprestasi. (BoB)