Terkait Imigran Afghanistan, Rita Lamusu Himbau Pemprov Sulut Campur Tangan

INEWSCRIME.COM – Nasib para Imigran asal Afganistan yang berada di rumah detensi imigrasi (Rudinim) berlokasi di ringroad Manado jadi perhatian anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dikatakan Ritha Lamusu Manopo saat diwawancarai INewscrime.com via ponsel bahwa persoalan tersebut harus diperhatikan pemerintah.
“Ini masalah kemanusiaan, pemerintah dalam hal ini gubernur harus memperhatikan. Kan kasian mereka diperlakukan tak layak seperti informasi yang diterima,” tutur yang juga personil Komisi IV Bidang Kesra ini, Rabu (6/2/2019).

Lanjut Legislator dapil Bolaang Mongondow Raya, ini merupakan hubungan antar negara. “Memang sudah pasti ada perjanjian. Bila akhirnya PBB menghentikan bantuannya tapi kita lihat dari sisi kemanusiaannya, tolong diperhatikan dan ditindaklanjuti,” ucap Lamusu.

Soal bagaimana nanti keputusannya, tambah Lamusu itu sepenuhnya ada dalam surat perjanjian antar negara.
“Tapi untuk saat ini tolong pemerintah perhatikan. Kasian, masa anak-anak di larang ke sekolah, trus makanannya yang siap saji, apalagi dari informasi ada yang sakit, sudah pasti makanan yang harus dikonsumsi sesuai dengan kesehatannya. Terinformasi pula, mereka di kunci dari luar layaknya tahanan,” tandas Lamusu.

(Jane/RKM)