Teddy Kumaat : Pemerintah Belum Mampu Menjamin Kesejahteraan Petani

INewscrime.com- Semakin menurunnya tingkat kehidupan para petani menjadi sorotan legislator komisi 2 dari PDI Perjuangan Teddy Kumaat.

Saat diwawancarai oleh INewscrime.com Selasa,3/4-2018 di Deprov Sulut, Teddy mengatakan pada era tahun 70-80-an masih banyak petani yang sukses (kaya) karena hasil pertaniannya.
“Memasuki era tahun 2000-an semakin sulit di temukan petani yang benar benar menjadi orang yang sukses karena menjadi petani contohnya di era tahun 80an petani cengkeh berjaya di Tanah Minahasa, tapi kebanyakan diantara mereka banting stir jadi kontraktor.

Dikatakan oleh Tedy fenomena tersebut terjadi di hampir semua negara berkembang. Dan terjadinya hal diatas disebabkan beberapa faktor, namun 2 faktor utama adalah Faktor SDM (sumber daya manusia) serta belum mampunya pemerintah menjamin kesejahteraan para petani.

Olehnya, menurut mantan Wakil Walikota Manado saat Manado dipimpin oleh Wempie Fredrick ini menghimbau para petani untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas mereka, tidak hanya menunggu dan berharap pada satu produk pertanian atau perkebunan saja,”urai Tedy.

Sementara Tugas Pemerintah lewat koordinasi lintas sektoral menyediakan serta memfasilitasi apa saja yang di butuhkan petani dalam meningkatkan produksi pertanian maupun perkebunan mereka. Serta memberikan info maupun pelatihan apa saja yang muaranya menuju pada kemampuan petani dalam mengembangkan skill yang mereka sehingga apapun yang mereka hasilkan dari produk pertanian dan perkebunan mereka benar benar bisa mensejahterakan mereka,”tandasnya.

Di contohkan oleh Tedy, “petani kelapa”, ketika harga kelapa lagi turun kewajiban pemerintah adalah memfasilitasi bibit atau tanaman lain yang bisa menghasilkan cepat sambil menunggu harga kelapa kembali naik. Atau dengan memberikan skill bagaimana mengelola apa saja dihasilkan dari kelapa seperti sabut, tempurung bahkan lidinya sehingga bisa menjadi alternatif penghasilan buat petani,”tutup legislator PDI-P yang memiliki selera humor yang tinggi ini.