Semburan Lava Panas Karangetang Terus Berlanjut, Kodim 1301/Sangihe Sigap Ungsikan Warga

SITARO-Guguran lava panas dan awan panas masih disemburkan Gunung Karangetang ke arah laut hingga Rabu (6/2/2019).
Diungkapkan Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Saiful Parenrengi, pihaknya saat ini fokus menjamin keselamatan para warga sekitar.
Sampai saat ini sudah ada 112 orang dari 33 Kepala Keluarga di Kecamatan Siau Barat Utara yang diungsikan ke dua lokasi.
81 warga Desa Kawahang diungsikan ke Aula GMIST Nazareth Kawahang. Sedangkan 41 orang dari Desa Batubulan, sebanyak 21 jiwa dievakuasi via jalur laut ke Desa Ondong, Siau Barat.
Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Saiful Parenrengi saat diwawancarai di kompleks Pelabuhan Manado.
Foto (ist) Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Saiful Parenrengi saat diwawancarai di kompleks Pelabuhan Manado.
“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres dan Pemda, agar para pengungsi dipusatkan di satu titik di Kantor Pemda. Supaya kebutuhan kesehatan dan dapur umum para pengungsi bisa tertangani dengan baik,” sebut Parenrengi, usai menjadi Komandan Upacara Pemberangkatan Satgaspam Puter Kodam XIII/Merdeka yang dipimpin Pangdam Mayjen TNI Tiopan Aritonang, di Pelabuhan Manado, Rabu (6/2/2019) siang.
Lanjutnya, Kodim 1301/Sangihe telah memberikan bantuan berupa tenda peleton, 22 veldbed (tempat tidur), makanan kaleng dan Natura, serta susu.
Warga Desa Kawahang dievakuasi menggunakan mobil dinas TNI.
Foto (ist) :Warga Desa Kawahang dievakuasi menggunakan mobil dinas TNI.
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang berharap, para prajurit di Kodim 1301/Sangihe termasuk Koramil 1301-02/Siau dan Koramil 1301-01/Tagulandang supaya mengutamakan keselamatan warga sekitar dari ancaman erupsi Gunung Karangetang.
“Begitupula dengan keselamatan diri selama proses evakuasi dan pemantauan kondisi Gunung Karangetang. Kami telah mengerahkan sekira 60 prajurit untuk menangani kondisi tersebut,” tandas Pangdam didampingi Asisten Operasi Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Musa David Hasibuan SIP MAB..

(***/Red)