Sekertaris DPMK Provinsi Papua Barat dan Pendamping Desa Kabupaten Minut,Survei Lokasi Pra Rakornis

Minut,inewscrime.com -Dalam rangka Rakornis se Papua Barat di Manado,Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Jimmy Rembet,ME Koordinator Pendamping Desa dan juga tim melakukan pra survei lokasi tempat kegiatan Rakornis,Jumat (23/18).

Dengan tujuan melihat perkembangan Bumdes serta manfaat dana desa dalam pemberdayaan ekonomi,ada tiga desa yang di kunjungi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Provinsi Papua Barat,yakni Desa Suwaan,Desa Kokole 1 dan Desa Marinsow.

Jimmy Rembet,ME mengatakan penempatan dan penyaluran dana lewat Bumdes di Minut, memang sangat positif bagi masyarakat, asalkan itu direalisasi dengan baik dan penuh kesadaran.

“Bila penyaluran dan pemanfaatan dana Bumdes terealisasi, otomatis hasilnya akan dikecap masyarakat itu juga,” bebernya.

Lanjut Rembet,”Jadi kedatangan pak Saul Kareth (Sekertaris DPMK Provinsi Papua Barat,red) kesini baru pra survei,nanti beliau akan membawa teman teman dari Kabupaten/Kota se Papua Barat tanggal 4 April nanti,”.

Sedangkan Nicolas Pelealu Hukumtua Kokoleh Dua saat dikunjungi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, merasa cukup kaget.

Pasalnya, penyaluran Dana Desa lewat Bumdes yang diputuskan untuk membuat embung, itu hanya kesepakatan antara pemerintah desa dengan kelompok masyarakat tanpa ada target dan rencana yang muluk-muluk.

“Saya tak menyangka kalau pembuatan embung ini akan jadi insiprasi masyarakat Provinsi Papua Barat. Tujuan kami hanya sederhana, yaitu mengembangkan bibit ikan mas dan mujair, hasilnya masuk ke kas kelompok, untuk digunakan membeli bibit, makanan ikan, siaanya lagi untuk kebutuhan kelompok tentunya,” kata Pelealu.

(Rei)