Ratusan Atlit Silat Memperebutkan Piala Pangdam XIII/Merdeka

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM saat membuka turnamen pencak silat piala Pangdam XIII/Merdeka.

Manado, iNewscrime – Bertempat di gedung Grhadika Jaya Sakti,
pelaksanaan turnamen terbuka pencak silat piala Pangdam XIII/Merdeka mulai digelar hari ini, Selasa (12/12/17) sampai Kamis (14/12/17) mendatang.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM mengatakan, pencak silat merupakan warisan budaya dan harus dilestarikan serta dijaga oleh generasi masa kini.

‚ÄúPencak silat dan olahraga pada umumnya melatih kekuatan fisik dan kerohanian, melatih kecerdasan anak secara menyeluruh. Setelah sepak bola, pacuan kuda dan yongmoodoo, kali ini kita bantu pencak silat,” kata Pangdam.

Dirinya berharap Kompetisi ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi para atlit Sulawesi Utara yang akan berkiprah di PON XX mendatang.

“Semoga ini menjadi bahan evaluasi Pemda Sulut demi mengembalikan kejayaan kontingen Sulut yaitu mendulang emas lewat cabang olahraga pencak silat. Pada PON lalu kita gagal dapat emas. Maka dari itu, kami bersinergi dengan pemerintah kota Provinsi Sulut dan pemerintah pemerintah Kota Manado untuk melaksanakan turnamen ini,” ujarnya.

Turnamen pencak silat ini menghadirkan sebanyak 374 atlit dari berbagai perguruan dan daerah di Indonesia.

Selain itu, turnamen ini diwacanakan akan dilaksanakan rutin setiap tahunnya agar pembinaan terhadap para atlit dapat terus dilakukan.
(tsir)