Foto (ist): Nawawi Pomolango

Manado, INewscrime. com- Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 akhirnya terpilih melalui pemungutan suara setelah fit and proper test dirampungkan, di ruang Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari.

Lima pimpinan KPK yang terpilih, sebagaimana dibacakan Ketua Komisi III DPR RI Azis Syamsuddin, adalah Nawawi Pomolango dengan jumlah suara 50, Lili Pintauli Siregar dengan jumlah suara 44, Nurul Ghufron dengan jumlah suara 51, Alexander Marwata dengan jumlah suara 53, dan Irjen (Pol) Firli Bahuri dengan jumlah suara 56.

Dari lima pimpinan tersebut, satu di antaranya adalah putra Sulawesi Utara. Dia adalah Nawawi Pomolango. Bahkan, dia diketahui pernah menjadi warga Lawangirung, sejak kecil.

Tidak hanya itu, dia juga mengecap pendidikan di SMP 1 Manado, SMA 1 Manado dan lulus di Fakultas Hukum Unsrat. “Sejak kecil om Nawawi tinggal di Kampung Kodo. Dia sempat tinggal di Almunawarah,” tutur Ketua PN Marisa, Gorontalo Jifly Adam, dikutip dari harimanado.com.

Sebagai informasi, Nawawi mengawali karier sebagai hakim di Pengadilan Negeri Soasio Tidore, Kabupaten Halmahera Tengah, tahun 1992. Pada 1996, Nawawi dipindah tugas sebagai hakim di PN Tondano, Sulawesi Utara.

Lima tahun bertugas, Nawawi kembali dimutasi sebagai hakim PN Balikpapan dan dimutasi lagi ke PN Makassar pada 2005. Tahun 2008, dia dipromosi sebagai Wakil Ketua PN Poso, dan menjabat Ketua PN Poso, dua tahun kemudian.

Dia juga pernah menjadi hakim di PN Jakarta Pusat dalam kurun 2011-2013, sebelum akhirnya diangkat sebagai Wakil Ketua PN Bandung. Pada tahun 2015 Nawawi dipromosi sebagai Ketua PN Samarinda.

Nawawi Pamolango kembali ke Jakarta sebagai Ketua PN Jakarta Timur pada 2016. Saat menjadi Ketua PN Jaktim, Nawawi Pamolango diperbantukan sebagai hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. Pada akhir 2017, dia kembali mendapat promosi sebagai hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Denpasar sampai saat ini. (*/rkm)

Putra Sulut Jadi Pimpinan KPK

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.