Pra Rakornis di Manado,DPMK Provinsi Papua Barat Tinjau Pengembangan Bumdes di Minut

Sulawesi Utara,Minut Inewscrime.com – Rencana kegiatan Rakornis Pemberdayaan Masyarakat se Papua Barat yang biasanya dilakukan di tiap tiap Kabupaten,Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,pada tahun 2018 ini memilih Sulawesi Utara sebagai tempat pelaksanaannya kegiatan Rakornis.

Tujuan utama pelaksanaan Rakornis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Papua Barat yaitu dalam rangka kunjungan lapangan meninjau pengembangan BUMDES serta pemanfaatan Dana Desa bagi masyarakat di setiap desa yang ada di Sulawesi Utara,khususnya dalam pemberdayaan ekonomi.

Kabupaten Minahasa Utara adalah salah satu tujuan utama kunjungan lapangan Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) .

Dari hasil tinjau lapangan,ada tiga (3) Desa di Kabupaten Minahasa Utara yang menjadi tempat acuan studi banding Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Papua Barat tentang manfaat Dana Desa terlebih khusus dalam pemberdayaan ekonomi.Desa tersebut antara lain Desa Suwaan Kecamatan Kalawat,Desa Kokoleh I Kecamatan Likupang Selatan dan Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Papua Barat melalui Sekertaris Saul Kareth mengatakan kehidupan masyarakat di Sulawesi Utara khususnya masyarakat di Minahasa Utara hampir mirip dengan kehidupan masyarakat di Papua Barat.

“Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Papua Barat Bapak Saul Kareth”

“Tadi yang kami lihat,kehidupan masyarakat disini (Minut,red) hampir mirip dengan kehidupan di Papua Barat dan dari hasil lapangan yang kami lihat tadi dari manfaat dana desa khususnya pemberdayaan ekonomi,supaya bisa di terapkan di Papua Barat, nanti kalau mereka pulang,perlahan lahan mereka bisa menerapkan di Kabupatennya masing masing,sehingga kita buat rapatnya di Manado,” ungkap Saul,Jumat (23/18).

Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Papua Barat di Minahasa Utara yaitu pembuatan batako yang dikelola oleh Bumdes karena swadaya masyarakat dilibatkan secara aktif,pembuatan embung yang sederhana dan juga pembuatan gasebo yang cukup bagus walaupun sederhana,itu akan coba diterapkan di Papua Barat.

“Dari tiga tempat yang kita kunjungi tadi,cetak batako,kalau disana (Papua Barat,red) itu batu tela dikelola oleh Bumdes,berarti masyarakat di desa itu bisa dilibatkan secara aktif.Jadi, mereka bisa kelola itu pengolaan cetak batako,terus pembuatan embung yang sangat sederhana,bisa di buat disana (Papua Barat,red) memanfaatkan sungai yang ada untuk pembuatan embung,bisa juga tadah hujan dan gasebo yang cukup baik walaupun sederhana,kita akan coba terapkan disana,saat kita pulang nanti ke Papua Barat,” tutur Saul.

Pembukaan Rakornis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) se Kabupaten Papua Barat akan digelar pada tanggal 3 April 2018 pukul 19:00 Wita bertempat di Ibis Hotel Manado dan pada tanggal 4 April 2018, para peserta rakornis akan turun lapangan meninjau kembali lokasi di tiga Desa yang ada di Minahasa Utara.

Diketahui bahwa rencana kegiatan rakornis yaitu dimulai dari tanggal 3-6 April 2018 mendatang.

(Rei)