Polres Minut Amankan 28 Tabung Sianida Tak Bertuan

Foto : Barang Bukti. Sianida Yang diAmankan Oleh Polres Minut

Minut,INewscrime.com – Kepolisian Resort (Polres) Minahasa Utara temukan 28 tabung bahan berbahaya jenis sianida di gudang PT Tri Tunggal yang berada di Desa Sukur Kecamatan Airmadidi,Rabu (15/18).

Tabung berisikan Sianida yang diduga ilegal tersebut langsung disita anggota Polres Minut karena belum diketahui pasti siapa pemiliknya.

Dari hasil pengembangan di lokasi,Kapolres Minahasa Utara AKBP Alfaris Pattiwael mengatakan 28 tabung berisikan sianida dengan berat 50 Kg per tabung yang dibungkus dengan karung itu,di ambil langsung oleh pemilik dan ditampung digudang PT Tri Tunggal secara ilegal.

“Tadi ditemukan 28 tabung sianida dengan berat 1 tabung diperkirakan 50 kg yang dibungkus karung,langsung dilakukan penyitaan karena di duga barang tersebut Ilegal. Karena setelah di cek pemilik gudang PT Tri Tunggal itu belum diketahui pemiliknya.” Tutur Kapolres.

Menurut Kapolres, kemungkinan besar sianida tersebut akan dipergunakan sebagai bahan campuran dalam proses pengolahan logam mulia di salah satu tambang Emas yang ada di Sulawesi Utara.

Dengan adanya penemuan bahan berbahaya itu, pemilik akan di proses berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan nomor 44 tahun 2009 tentang pengadaan distribusi dan pengawasan barang berbahaya.

“Di situ menyatakan bahwa khusus untuk barang jenis sianida apabila dalam pendistribusiannya tidak benar,  maka yang memiliki izin untuk itu akan dicabut. Dan akan dikenakan sanksi.” tegas Pattiwael.

Untuk proses pengembangan lebih lanjut,Barang bukti berupa 28 Tabung Sianida saat ini di amankan di Polres Minahasa Utara sambil menunggu pemilik barang tersebut.(Fon)