Polres Minahasa Utara Gelar Launching Tour Kamseltibcar

Minut,inewscrime.com – Kepolisian Resor (Polres) Minahasa Utara gelar Launching Tour Keamanan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar) yang berlokasikan di Mako Polres Minut,jumat (5/5/17).

Kasat Lantas Polres Minut AKP Andrew Kilapong selaku penggagas program spektakuler ini dalam laporannya mengatakan program ini merupakan implementasi dari undang-undang lalu lintas nomor 22 tahun 2009 pasal 203 ayat 1 tentang angkutan jalan, dimana pemerintah bertanggungjawab terhadap keselamatan angkutan jalan.

“Pemerintah melalui camat, lurah, hukum tua, perangkat kelurahan dan desa turut juga terlibat dalam Kamseltibcar di Minut,” terang Kilapong.

Direktur Lantas Polda Sulut Kombespol Ari Subianto yang hadir menyambut baik dan mengapresiasi program Tour Kamseltibcar yang digelar Polres Minut ini.

“Saya tentunya mengapresiasi program Tour Kamseltibcar yang merupakan satu-satunya yang ada di Polda Sulut. Hal ini penting karena Minut dengan luas wilayahnya menurut data yang ada merupakan daerah yang tinggi intensitas lakalantasnya yang berakibat korban luka ringan sampai yang meninggal. Program ini setelah tiga bulan akan dievaluasi. Apabila berjalan baik dan dapat menurunkan angka lakalantas maka akan ditingkatkan sampai keseluruh polres, polda bahkan seluruh wilayah kepolisian Indonesia,” tukas Subianto.

Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan yang diwakili oleh Asisten I Pemkab Minut Drs Rivino Dondokambey menyambut gembira akan ide dan gagasan Polres Minut ini.

“Pemkab Minut tentunya sangat mendukung langkah Polres Minut ini. Dan kami juga berharap para camat, lurah, hukum tua, aparat kelurahan dan desa untuk mendukung secara maksimal program ini. Setelah tiga bulan akan ada evaluasi bagi para camat dan lurah, apakah ada penurunan angka lakalantas atau tidak. Bila penurunan terjadi tentunya akan ada reward bagi pejabat yang bersangkutan.

Acara launching ini dihadiri oleh Kapten CPM  Ruben dari Denpom, Danramil 1310-05 Kauditan R Tamalawe, Ketua PN Airmadidi Agus Mahendra SH MH, Kapolres Minut AKBP Eko Irianto SIK, Kadis Perhubungan Minut Hanny Tambani M.Si Kakan Cabang Jasaraharja Suratno, para pejabat polda, camat se-kabupaten Minut, para lurah dan hukum tua se-Minut.

Dalam acara ini ditandatangani juga deklarasi aksi keselamatan oleh forkopimda Minut, pemasangan pin pelopor aksi keselamatan dan pelepasan tim tour Kamselticar oleh Kapolres AKBP Eko Irianto SIK.

Sedangkan sponsor PT Daya Adira Wisesa (DAW) menampilkan kampanye safety riding.

(Ein)