Pembahasan Ranperda Budaya Hanya Di Hadiri Oleh Fani Legoh, Ketua FORPEDA Sulut Kecam Komisi IV DPRD Sulut

Foto: Suasana Pembahasan Ranperda Budaya di Ruang Paripurna DPRD Sulut.

Manado,INewscrime.com- Entah jadwal yang tidak sinkron atau komunikasi antar sesama anggota komisi IV kurang jalan.Pembahasan Ranperda Budaya yang berlangsung kemarin kamis, 8/3-2018 di ruang paripurna DPRD Sulut hanya dihadiri oleh Sekretaris komisi IV Fanny Legoh.

Mirisnya rapat pembahasan ranperda budaya ini melibatkan Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan Kabupaten Kota se Sulawesi.Utara ini serta unsur unsur masyarakat adat se Sulawesi Utara.

Kondisi yang terjadi di hampir setiap pembahasan ini menjadi sorotan tajam Ketua Forum Wartawan Peduli Adat (FORPEDA) Sulawesi Utara Jeffrie Montolalu.

Di dampingi oleh Wakil Ketua Forpeda Jem Lombogia dirinya mengatakan Perda budaya adalah perekat semua dimensi yang ada di Sulut, mengingat kemajemukan dan pluralisme di Sulawesi Utara yang sangat kompleks. Selain itu Perda Budaya nantinya akan mengatur bagaimana melestarikan budaya yang menjadi warisan leluhur sehingga budaya tersebut boleh terus terpelihara keberlangsungan dan keberadaanya.

“Ketidakhadiran dari sebagian besar personil komisi IV adalah cerminan dari betapa mereka tidak mau peduli dengan pelestarian budaya itu sendiri,”ujar Jurnalis senior asal Tomohon ini.

Ditambahkannya lagi Ranperda budaya adalah Ranperda inisiatif dewan lewat komisi IV bagaimana mungkin personil komisi IV sendiri kurang memberi respon pada saat ranperda itu di bahas,”tambah jurnalis yang akrab di panggil naga ini.

Sekretaris Komisi IV Fanny Legoh saat di konfirmasi usai pembahasan seolah tak mau berpolemik. Dirinya hanya mengatakan mungkin itu hanya soal rasa.
“Kalau saya cinta terhadap adat dan budaya, lagipula pembahasan ranperda budaya sudah berjalan 2 tahun jadi harus di pacu pembahasannya, tidak mungkin di tunda tunda lagi,”tukasnya.

Di ketahui saat pembahasan kemarin, personil komisi IV lainnya sedang melakukan perjalanan dinas yang agendanya saat ditanyakan pada Kepala bagian umum Sekretariat DPRD Sulut juga tidak tau pasti apa agendanya. (Bob)