PANWASCAM KAB. MITRA MASUKI TAHAPAN TES TERTULIS

INewscrime.com Tahapan tes tertulis calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang diikuti 121 peserta, yang seharusnya 132 peserta telah usai. Namun ada yang menarik, karena ada dua kecamatan yang pesertanya tidak lebih dari enam orang.

Untuk Kecamatan Touluaan Selatan (Tolsel) hanya diikuti 6 orang, sedangkan Kecamatan Ratatotok lebih sedikit lagi karena hanya diikuti 5 orang.
Dikatakan Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Mitra Drs Jobby Longkutoy ME, peserta yang mendaftar di dua kecamatan tersebut memang tidak lebih dari itu.
“Memang hanya itu yang mendaftar,” kata Longkutoy, Selasa (31/10/2017).
Menurutnya, Panwas Mitra telah melakukan sosialisasi beberapa kali, mulai turun langsung bahkan lewat media sosial, tapi tidak ada lagi yang datang mendaftar di sekretariat Panwas Mitra.
“Untuk sosialisasi kami sudah lakukan berkali-kali, namun tidak ada yang datang mendaftar, bahkan perpanjangan pendaftaran telah kami lakukan,” jelasnya.
Lanjut, Longkutoy mengungkapkan ada kemungkinan yang ingin mendaftar lainnya, sudah tidak bisa karena terbentur aturan yang ada.
“Memang banyak yang ingin mendaftar, tapi mungkin terbentur aturan, sebab sudah terdaftar pada salah satu Parpol (Partai Politik). Bahkan jika ada yang sudah tergabung pada organisasi yang terkait, kami jelas-jelas akan menolak,” ungkapnya.
Ia menjelaskan, usai tes tertulis calon Panwascam akan menjadi enam orang untuk tiap kecamatan dan diseleksi lagi hingga tersisa tiga orang. Sedangkan untuk kecamatan yang tidak lebih dari enam orang akan diambil kebijakan oleh Bawaslu Sulut.
“Jadi kami tinggal menunggu informasi dari Bawaslu Sulut, karena yang akan mengambil keputusan terkait hal itu bukan kami, namun dari Bawaslu,” jelasnya.
“Namun, jika peserta di kecamatan tersebut nilainya bagus, maka tidak ada masalah, yang jadi persoalan jika nilainya tidak memenuhi standar maka Bawaslu yang akan mengambil kebijakan,” tambahnya.
Dari data yang diberikan Panwas Mitra, Kecamatan Pasan 16 peserta, Ratahan 15 peserta, Ratahan Timur 11 peserta, Tombatu 11 peserta, Silian Raya 10 peserta, Tombatu Utara 15 peserta, Tombatu Timur 10 peserta, Pusomaen 8 peserta, Belang 14 peserta, Touluaan 11 peserta. (Rml)