Pangdam XIII/Mdk Pimpin Upacara Hari Juang Kartika

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito melakukan pengecekan pasukan dalam upacara Hari Juang Kartika 2017.

Manado, iNewscrime – Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka menggelar Upacara Hari Juang Kartika di Lapangan Sparta Tikala, Kota Manado, Sulawesi Utara. Jumat (15/12/17) sekitar pukul 08.00 Wita.

Upacara HJK tersebut melibatkan personil gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Sulawesi Utara. Dalam upacara tersebut Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito S.E M.M memimpin langsung kegiatan tersebut.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) yang dibacakan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap prajurit, ASN Angkatan Darat beserta keluarga.

“Dengan diiringi ucapan terima kasih yang tulus dan apresiasi setinggi-tingginya disertai harapan agar kita senantiasa diberikan kekuatan untuk dapat mempertahankan semangat dan kinerja terbaik kita, serta demi kejayaan TNI yang sangat kita cintai,” kata Pangdam XIII/Merdeka saat membacakan amanat Kasad.

Dalam kesempatan ini, Kasad juga berterima kasih kepada rakyat Indonesia atas kecintaannya kepada TNI AD.

“Atas nama keluarga besar Angkatan Darat Seluruh Indonesia saya juga mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Indonesia karena telah mencurahkan segenap cintanya kepada TNI AD. Atas dasar itu sehingga membuat prajurit TNI Ad dapat mengemban setiap tugas dan amanah yang diberikan dengan baik,” lanjutnya.

Dalam catatan sejarah, Indonesia mempunyai sejarah yang tidak bisa dilupakan yaitu peristiwa Palagan Ambarawa. Meski hanya bermodalkan senjata yang sederhana para pendahulu berhasil memenangkan pertempuran.

“Meski dengan senjata dan perlengkapan yang sangat sederhana kesatuan tentara keamanan rakyat yang merupakan cikal bakal TNI bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang dengan memukul mundur tentara sekutu yang memiliki persenjataan dan kemampuan taktik dan strategi perang yang jauh lebih modern dibanding dengan Indobesia” ujar Pangdam.

Dengan mengambil tema Hari Juang Kartika 2017 yaitu “Manunggal dengan rakyat TNI AD Kuat” ini merupakan simbol dari peristiwa Palagan Ambarawa.

“Hubungan TNI dan rakyat bukanlah sebatas hubungan profesionalitas belaka. Namun lebih dari itu. TNI AD memiliki hubungan biologis dengan rakyat Indonesia karena dilahirkan dari rakyat. Sehingga senantiasa membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Sebaliknya rakyat adalah pendukung dan penguat perjuangan TNI AD dalam setiap tugas yang diemban,” tandas Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

Diakhir sambutannya, Dirinya menyampaikan atas nama pribadi dan Kepala Staf Angkatan Darat saya mengucapkan selamat hari juang kartika dan Dirgahayu TNI Angkatan Darat.

Upacara Hari Juang Kartika ini turut dihadiri oleh Laksma TNI Ahmad Heri Purwono (Danlantamal VII/Mdo), Brigjen TNI Rahmat Pribadi (Staf Khusus Kasad pengawas HJK Dam XIII/Mdk), Brigjen Pol Johanis Asadoma (Wakapolda Sulut), Brigjen Pol Charles Ngili (Ka BNN Prov. Sulut), Kolonel Inf Wanti Waranei F. Mamahit (Irdam XIII/Mdk), Kolonel Pnb Arifaini Dwiyanto (Danlanudsri Mdo), Para Asisten Kasdam XIII/Mdk, Para Dan/Ka Balak Dam XIII/Mdk, Para Kasi Rem 131/Stg, Para Dandim jajaran Rem 131/Stg, Letkol (L) Heriwansyah P. Agam (Kepala Bakamla Manado), Letkol (PM) Dedhi Wibowo (Danpomal VIII), Dr. Ir. G S .Vicky Lumentut SH. D.E.A (Walikota Manado), Kolonel Purnawiran Boyke Kambey (Ketua LVRI Prov. Sulut), Kombes Pol Hizar Sialagan (Kapolresta Manado), Kombes Pol Iskandar Kurniawan Saputro, SIK, (Kasat Brimobda Sulut), Para Unsur Forkopimda Prov. Sulut dan Kota Manado.
(tsir)