Foto: Meiva Lintang

Manado, INewscrime.com-– Musim panas yang berkepanjangan berbuntut sederet efek negatif. Kekeringan, krisis air bersih hingga kebakaran kerap terjadi di bumi Nyiur Melambai. Kicauan kembali datang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Utara (Sulut) menanggap persoalan ini. Keberadaan sawit ikut disorot.

Ekspansi kelapa sawit di Sulut dinilai ikut memperparah daerah ini pada musim kemarau. Khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Daerah yang mulai ramai dengan kebun sawit tersebut, belakangan sering terjadinya kebakaran.

Maka dari itu, Anggota Komisi IV DPRD Sulut, Meiva Lintang menyampaikan, sawit tidaklah cocok berada di Sulut. Begitu pula di Bolmong yang harusnya sudah terkenal dengan lumbung padi. Tentunya perlu ada pemeliharaan irigasi-irigasi. “Karena itu sawit sangat tidak cocok (di Sulut, red). Apalagi Bolmong sumber padi. Sawit sangat mengganggu air tanah dan irigasi,” tegas politisi Partai Golongan Karya tersebut, baru-baru ini, di ruang kerjanya.

Dirinya mengungkapkan, sebenarnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bersama dengan DPRD Provinsi Sulut, telah menata Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 terkait penanganan dampak musim kemarau. Menurutnya, gubernur pula telah menginstruksikan ke semua kabupaten kota untuk menganggarkan dalam rangka antisipasi masalah panas berkepanjangan ini. “Perlu ada kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Jangan sembarangan membakar hutan dan membuka kebun baru. Jangan membuang puntung rokok sembarangan dan ibu-ibu hati-hati gunakan kompor,” ujarnya.

Instasi yang berangkutan diharapkan proaktif. Masalah ini disebabkan karena alam, makanya menurut dia, harus menjadi suatu pembelajaran bagi semua untuk melakukan perubahan sebagai wujud antisipasi. “Air tanah akan sangat berkurang pada masa panas dan bencana kebakaran menghantui. Belajar seperti Yusuf dalam Alkitab yang waspada dalam segala hal hingga masa kering sekalipun tidak masalah,” tutupnya. (*/rkm)

Meiva Lintang: Pengganggu Air Tanah dan Irigasi, Sawit Memperparah Sulut di Musim Kemarau

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.