Masalah Klasik Danau Tondano, Stella Runtuwene Tawarkan Solusi Ini Ke Balai Sungai

Masalah Klasik Danau Tondano, Stella Runtuwene Tawarkan Solusi Ini Ke Balai Sungai

MANADO, INC– Ada hal menarik diungkapkan Wakil Ketua Komisi III Stella runtuwene saat rapat dengar pendapat (RDP) antara komisi 3 DPRD Sulut bersama Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, senin (2/11)

Terkait penanganan eceng gondok di danau Tondano , politisi Nasdem ini mengusulkan ke Balai Sungai untuk memberdayakan masyarakat dalam pembersulihan tanaman gulma yang telah menjadi masalah klasik yang tak terselesaikan di danau terbesar di Sulawesi ini.

“Jangan terus-terusan membuat proyek-proyek besar yang akhirnya mubazir. Waktu lalu pernah ada bantuan alat untuk mengatasi eceng gondok danau tondano dan pada akhirnya alat itu rusak dan sudah tidak bisa terpakai karena tidak adanya pemeliharaan, itu anggaran yang sangat besar loh. Lebih baik berdayakan saja masyarakat setempat, contohnya dibayar harian ke mereka untuk mengangkat eceng gondok, setidaknya di masa covid-19 sekarang ini, hal itu bisa membantu masyarakat sekitar mendapat penghasilan,” usul Runtuwene pada Balai Sungai.

Pada awak media saat diwawancarai Politisi Partai Nasdem Dapil Minsel-Mitra itu mencontohkan permasalahan eceng gondok jakarta di masa pemerintahan gubernur Ahok, dimana kurang dari setahun eceng gondok disana bisa teratasi.

“Eceng gondok di jakarta itu setiap hari rajin dibersihkan sehingga kurang dari 1 tahun bisa bersih dan tempat itu sudah jadi tempat wisata. Tak hanya itu, eceng gondok pun bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan furniture, contohnya saja di rumah saya ada meja dan kursi yang terbuat dari eceng gondok. Tentunya ini bisa kita terapkan untuk eceng gondok yang berada di danau tondano. Jadi sekali lagi saya mengusulkan untuk bisa berdayakan masyarakat sekitar untuk mengatasi eceng gondok tondano,” pungkas politisi yang tak kalah vokal dengam kakak kandungnya Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene ini.

Terkait usul Stella Runtuwene ini Kepala Balai wilayah Sungai Sulawesi I Ir. Mochammad Silachoeddin,.ME. merespon dengan baik usulan tersebut dan akan segera merealisasikannya dalam bentuk padat karya sehingga bisa memberi nilai tambah pada masyarakat yang tinggal disekitar danau.

“ini adalah usulan yang baik dan akan segera kami realisasikan agar dapat memberi nilai tambah untuk masyarakat sekitar danau Tondano, “tandas Silachoedin.

(**/Robby)