Lembaga Survey Lokal Sulut Menangkan AA-RS

Lembaga Survey Lokal Sulut Menangkan AA-RS

Manado, INC– Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Network telah merilis survey terbaru Calon Gubernur dan Wagub Provinsi Sulut sebulan jelang Pilgub 2020.

Petahana Olly Dondokambey – Steven Kandouw unggul 64,3 persen, diikuti Christiany Eugenia Paruntu – Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) 22,3 persen dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene 10.2 persen.

Sontak saja, warga pun langsung bertanya kenapa LSI tidak ikut merilis hasil survey calon Walikota Manado Andrei Angouw-Richard Sualang(AA-RS), selain satu Parpol PDIP Perjuangan, kota Manado adalah wilayah yang mutlak dimenangkan baik Pilgub dan Pilwako 2020.

Spekulasi pun beredar liar, kalau LSI belum bisa merilis AA-RS karena diduga kuat posisi paslon nomor urut 1 itu masih tertinggal jauh dengan paslon lain.

Tiba-tiba, lembaga survei Indonesian Observer, sebuah lembaga survei lokal Sulut yang diketahui didirikan Andre Mongdong menjawab desakkan terhadap LSI Network agar bisa keluarkan hasil survey AA-RS.

Tidak main-main hasilnya AA-RS melejit dengan 38.5 persen, disusul Mor Dominus Bastian – Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) dengan 25,9 persen dan Julyeta Paulina Amelia Runtuwene – Harley Mangindaan (Paham) 18.2 persen serta Sonya Selviana Kembuan-Syarifudin Saafa (SSK-SS) 6,1 persen.

Kata Mongdong, survei ini dilakukan 19-22 Oktober 2020.

Menariknya, bocoran yang berhasil diterima wartawan akan hasil simulasi 4 pasang oleh Lembaga Survey Indonesia yang adalah lembaga survey yang terdaftar di KPU RI, ternyata AA-RS hanya mampu bercokol di urutan 3 dengan koleksi 24.5 persen. Sementara urutan kedua LSI mencatat MOR-HJP 30.8 persen, JPAR-AIM 39.5 persen dan SSK-SS 3.1, TT/TJ 2.1 persen.

Sebagai catatan hal sebagai peta elektoral Pilkada Kota Manado LSI medio 18-23 September 2020.

Yang terbaru, bocoran yang diperoleh hasil survey independent SMRC juga lembaga survey terdaftar di KPU RI, lagi memposisikan AA-RS di rengking 3 dengan 21%, diikuti SSK-SS 16%, sementara diposisi 2 adalah MORHJP 22 % dan posisi puncak PAHAM 29 %, Swing votter 12 %.

Sementara survey Roda Tiga Konsultan juga menempatkan AA-RS diposisi tiga dengan 21,1%, MOR-HJP 23,1%, dan SSK-SS 10,5% serya PAHAM 29.2%

Jika benar demikian, hanya satu lembaga survey lokal Sulut yang menempatkan AA-RS diposisi teratas, sementara ada tiga survey nasional memposisikan AA-RS di posisi tiga dari empat paslon yang mengikuti pesta demokrasi Pilkada serentak 2020 Kota Manado.

(redaksi)