Latihan Posko Resmi di Buka, Danrem 131/Stg : Kodim 1309 Manado Merupakan Ring Fire di Manado

INewscrime.Manado – Untuk membentuk kesiapan satuan dalam melaksanakan tugas pokoknya, Kodim 1309/Manado menggelar Latihan Posko I tingkat Kodim di Makodim 1309/Manado, Selasa (13/6/2017).

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak S.Ip M.Sc mengatakan, kegiatan latihan posko 1 Kodim 1309/Manado ini dilakukan adalah suatu momentum yang sangat berharga dan sangat penting, karena bagaimana kita merencanakan, mengemandoi kegiatan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

“Kodim 1309/Manado merupakan Ring Fire yang ada di Kota Manado dan Kodim 1309/Manado di persiapkan untuk menghadapi segala bencana alam yang terjadi khususnya di daerah wilayah Kota Manado,” kata Brigjen TNI Simanjuntak.

Lebih lanjut, kata Brigjen TNI Simanjuntak, kegiatan latihan Plposko 1 Kodim 1309/Manado ini untuk melatih kemampuan Komandan Kodim dan Staf sebagai Komando pengendalian terhadap bahaya terjadinya bencana alam.

“Kegiatan ini juga menguji kerjasama Komandan dan staf agar terjadi jaring Komando yang baik dalam mengatasi segala bentuk bencana alam yang terjadi,” lanjutnya

Diharapkannya, Komandan dan Staf mampu bekerja sama dengan pemerintah Kota Manado dalam pelaksanaan mengatasi bencana alam.

“Selain dituntut untuk kerja sama dengan pemerintah, latihan posko ini dirapkan dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan bukan sekedar melaksanakan program,” harap Danrem 131/Santiago.

Ciptakan Kondisi sebaik mungkin agar tujuan latihan ini bisa tercapai agar dapat menunjang kegiatan yang akan datang.

“Usahakan kegiatan dapat terlaksana dengan tepat waktu dan jangan lupa perhatikan faktor keamanan baik personil dan materil,” tukas Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak S.Ip M.Si.

Danrem 131/Stg Brigjen TNI Sabar Simanjuntak saat melakukan pengecekan di Posko.

Kegiatan yang diawali dengan laporan Komandan Kodim 1309/Manado Letkol Arm Toar Pioh S.Ip M.Si (Han) yang dilanjutkan dengan penyamatan tanda latihan oleh Danrem 131/Stg kepada perwakilan peserta latihan.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini turut dihadiri oleh
Brigjen TNI Sabar Simanjuntak SIP, MSc.(Danrem 131/Stg), Letkol Arm Soegeng Riadi (Kasi Intel rem 131/Stg), Kolonel Inf Ardianto (Kasipers rem 131/Stg), Kolonel Arm Muh Hasbi Lubis (Kasilog rem 131/Stg), Kolonel Inf Safaruddin (Kasiter rem 131/Stg), Kompol Refan Rimpas (Kasat Sabhara Polresta Manado) mewakili Kapolresta Manado, Xaverius Runtuwene (Kasat Pol PP Kota Manado), Bpk. Micler C.S Lakat SH. MH.(Asisten I Kota Manado) mewakili Walikota Manado, Barce Peter Assa (Kadis Pekerjaan Umum Kota Manado), Bpk. Rudi SE. (Kepala Seksi Potensi Basarnas Kota Manado), Sdr Frenly Lumingkewas (Kabid Penanggulan Bencana PMI Kota Manado) dan Bpk. Paat (Komandan Regu 3 Pemadaman Kota Manado).
(*/tsir)