Lantik Panwas Talaud, Bawaslu Ingatkan Panwas Talaud Melibatkan Warga Dalam Mengawas Proses Pilkada

iNewscrime.com, Talaud- Proses pelaksanaan Pemilihan Umum di 15 Kabupaten/Kota se-Sulut yang tahapannya akan dimulai sejak tahun 2017 ini, yakni Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota yang kemudian dilanjutkan dengan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD yang tahapannya dimulai sejak tahun 2018 mendatang yang kemudian juga dilanjutkan dengan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2019 nanti.

“Nah, dalam mengawal proses demokrasi agar tercipta Pemilu yang berkualitas sangat dibutuhkan Penyelenggara Pemilu yang berintegritas dan mampu menjalankan kinerjanya sesuai dengan amanat Undang-undang. Melihat hal itu, Bawaslu Sulawesi Utara telah menggelar Pelantikan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) se-Sulut di Hotel Sutan Raja Maumbi Minahasa Utara, Senin (28/08) siang tadi,” kata Baharudin Pitadjaly (BP) Koordinator KIPP Sulawesi Utara.

Lanjut katanya, pada prinsipnya terkait Panwaslu di daerah perbatasan seperti Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud, ini merupakan wilayah yang terkesan rawan tidak hanya soal pada konteks pelanggaran pemilu tapi juga pada hal-hal medan yang relatif rumit karena kepulauan dan perbatasan.

“Untuk itu membutuhkan komisioner beritegritas serta amanah dalam mengemban tugas demokrasi, dan terpenting adalah sigap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Panwaslu di kepulauan dan dengan kondisi khusus yaitu perbatasan,” tegas BP.

BP menambahkan, utamanya yang harus dilakukan adalah membuat soasilisasi untuk penguatan demokrasi pemilu yang melibatkan suluruh komponen masyarakat sipil agar mereka terlibat secara penuh dengan sadar mengawal proses Pemilu.

“Sosialisasi penguatan kelembagaan merupakan cara yang baik meminimalisir terjadinya kecurangan dalam kepemiluan,” ujar BP.

Selain itu, BP berharap, komisioner terpilih dan baru dilantik tadi sebagai Anggota Panwaslu Talaud mampu mendorong keterlibatan aktif masyarakat sipil dalam mengawal proses pemilu agar berjalan demokratis. Ini juga akan menjadi cara baik untuk meminimalisir terjadinya kecurangan pada proses Pemilu kedepan.

“Selamat mengemban tugas mulia yang diberikan oleh Negara sebagai Pengawas Pemilu di Kabupaten Talaud untuk Saudara Jekman Wauda SS, Mardianto Bungangu SH, dan Raemond Manangkabo SPd. Kiranya Pilkada Talaud 2018 nanti sesuai dengan asas penyelenggaraan Pemilu,” tutup BP.

(Redaksi)