Kunjungi Lingkar Tambang Tateli, Komisi IV Rekom Dinas Lingkungan Hidup Telusuri 22 Perusahaan Nakal

MANADO- Menindaklanjuti aspirasi masyarakat lingkar tambang yang ada di Tateli,Komisi IV DPRD Sulut pada Senin,04 Februari 2019 melakukan kunjungan lapangan ke lokasi dimaksud di Kecamatan Tatel Kabupaten Minahasa.

Kunjungan itu diawali dengan rapat bersama di Kantor Camat Tateli bersama dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan hidup dan kepala kepala desa yang ada di sekitar wilayah pertambangan bersama sama dengan perusahaan yang melakukan eksploitasi disana.

Dikatakan oleh James Karinda Ketua Komisi IV bahwa akan Diberikan waktu I bulan pada semua pihak untuk menindaklanjuti kesepakatan bersama.
“Sesuai kesepakatan Tim dari lingkungan hidup akan turun ke 22 perusahaan untuk meneliti kelayakan dari perusahaan perusahaan tersebut, begitu juga pihak kecamatan dalam waktu satu bulan akan segera memanggil ke 22 perusahaan tersebut.

Hal tersebut juga diaminkan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulut Inggried Sondakh, dirinya menyatakan, DPRD akan terus menseriusi Proyek Galian C atau Pertambangan Batu yang ada di Desa Tateli Kecamatan Mandolang.
Karena terkesan sebagian besar perusahaan pertambangan batu di Desa Tateli tak mentaati pemanggilan dewan.

“Saya melihat dari hearing di DPRD Sulut sampai pertemuan di kantor kecamatan, dari pihak perusahaan itu itu saja yang hadir, padahal sesuai data ada sekira 22 perusahaan pertambangan batu. DPRD akan mengkaji kasus ini, jika dalam penyelidikan kami mendapati perusahaan yang tidak memiliki ijin diberhentikan saja, “tegas Sondakh dengan nada tinggi.

Pada pertemuan tersebut, politisi Golkar yang kembali bertarung sebagai Caleg DPRD Provinsi Sulut dapil Minahasa-Tomohon berharap pihak perusahaan memperhatikan kesejahtraan pekerja.” Kami akan mengecek apa mereka memiliki BPJS, disediakan juga tambang lokal, CSR (Corporate Social Responsibility) wajib diberikan oleh perusahaan,” ucap Sondakh.

Diketahui dalam kunjungan lapangan tersebut selain James Karinda dan Inggrid Sondakh, Lusye Taroreh, Pdt Meiva Salindeho Lintang STh, Herry Tombeng dan Legislator Fanny Legoh juga ikut turut serta dalam kunjungan lapangan tersebut.

(Mom/RKM)