Foto : Suasana Rapat Evaluasi

MANADO.INC– Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi dalam rapat evaluasi bersama awak media mencetuskan bahwa kemitraan antara KPU dan Media sebagai satu hal positif yang membuat pelaksanaan Pilkada di Sulut bisa berjalan dengan baik.
“Lewat tulisan tulisan dari para jurnalis dalam semua tahapan yang dilakukan oleh KPU terkait Pilgub masyarakat banyak mendapatkan edukasi. Dan secara tidak langsung hal tersebut membuat tugas KPU juga menjadi sedikit ringan.

Ditambahkan oleh Salman dengan tulisan tulisan yang berimbamg dari rekan rekan jurnalis kami juga sebagai penyelenggara merasa terkontrol dalam hal kinerja kami.
“Jujur walaupun seringkali ada hal hal yang terasa kontrofersial dalam penulisan rekan rekan namun itu tetap menjadi koreksi bagi kami sebagai penyelenggara, “tutur komisioner yang mengaku pernah malang melintang dalam dunia jurnalistik di Pers Mahasiswa Unsrat saat masih kuliah dulu.

Terungkap.dalam pertemuaan yang digelar Rabu (24-3-2021) di Hotel Sutan Raja Minut. KPU Sulut berencana untuk membukukan semua berita mengenai tahapan pilkada dengan maksud buku tersebut nantinya akan meninggalkan rekam jejak untuk pilkada ke depan selain itu juga sebagai bentuk apresias KPU Sulut atas karya jurnalistik dari para awak media.
” Kami berharap apa yang dilakukan KPU saat ini bisa menjadi barometer pada pelaksanaan pilkada berikut. “Nantinya jika sudah dibukukan bisa jadi patokan penyelenggara pemilu untuk melaksanakan pilkada,” ujar Salman

Dalam.kegiatan yang dimoderatori oleh Kasub Tekhnis dan Hubmas Rudy Dalonsang, Salman Saelangi tidak sendirian sebagai narasumber hadir pula mantan Komisioner KPU Gorontalo Ferianto Majoa yang banyak berbagi tips bagimana dirinya bisa menjadi komisioner KPU Gorontalo berkat keaktifan dan ketekunannya dalam melakukan peliputan terkait Pilkada.
” Pada saat mendaftar sebagai Komisioner salah satu yang menjadi bahan pertimbangan Timsel.pada waktu itu adalah tulisan saya terkait KPU dan Pilkada.

Dihadapan para jurnalis Majoa juga ikut mendorong terbitnya buku mengenai berita selama jalannya tahapan hingga pilkada selesai. “Saya kira ini merupakan terobosan yang luar biasa yang dilakukan oleh KPU Sulut yang belum pernah dibuat oleh KPU di daerah lain,”pungkas Majoa.

(**/Robby)