Komisi IV Desak Gubernur Evaluasi Kinerja Kadis Kesehatan, Melky Pangemanan : Kalau Bisa Diganti

Komisi IV Desak Gubernur Evaluasi Kinerja Kadis Kesehatan, Melky Pangemanan : Kalau Bisa Diganti

Foto (ist) : Melky. J Pangemanan.

SULUT, INC– Sorotan tajam.terhadap kinerja Dinkes Provinsi Sulut disampaikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut).

Tak main main, Melky Pangemanan, Legislator PSI yang juga personil komisi 4 DPRD Sulut ini mendesak Gunernur Olly Dondokambey untuk mengevaluasi kinerja instansi yang dipimpin dr Debbie Kalalo ini.

“Intinya harus dievaluasi sesuai dengan data dan fakta yang ada kinerja dari kepala Dinkes Sulut. Ini menurutnya, menjadi bagian kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut. Dalam hal ini pak gubernur. Harus dievaluasi kinerjanya sehingga nantinya, apakah ini diperbaiki atau orangnya diganti itu tergantung kewenangan dari pak gubernur,” ungkap Melky.

Lanjut kata Melky, “Tapi intinya perlu dievaluasi. dievaluasi kerjanya, perlu juga menjadi bagian dari tanggung jawab dia. Dievaluasi kan itu ada beragam. Kalau bisa diganti juga tidak masalah. Ini kan sudah berkali-kali. Kadis (kepala dinas) ini kan setengah pongo. Jadi dia memang agak kumabal,” sambung Melky.

Ia mengungkapkan, salah satu indikasi yang perlu dievaluasi adalah rumah sakit Manembo-nembo karena terancam berhenti pelayanan. “Karena apa, ruang emergency aja itu tidak dilengkapi dengan fasilitas atau alat kesehatan yang wajib, sarung tangan, gunting,” jelasnya.

Kalau ada tiba-tiba orang celaka kemudian datang di rumah sakit umum daerah Bitung, tidak bisa dilayani. “Nah berarti pemerintah tidak menjalankan amanat konstitusi, yaitu menjamin kesehatan dan kesediaan fasilitas kesehatan yang layak bagi warga masyarakat dan masalahnya ada di kepala dinas kesehatan,” pungkasnya.

(Robby)