Kapolda Sulut dan Kupas Dokes Mabes Polri Resmikan Instalasi Hiperbarik Chamber Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado

Manado, INewscrime. com– Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs. Bambang Waskito didampingi Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen Pol dr. Arthur Tampi meresmikan Instalasi Hyperbarik Chamber Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado, Selasa (13/3/2018).

Selain instalasi Hiperbarik Chamber, juga diresmikan ruang alat citi scan dan gedung perawatan Edelweis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapusdokkes yang telah memberikan peralatan ini, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat pada masyarakat juga pada anggota Polri,” ujar Kapolda.

Alat ini bermanfaat untuk penyakit dekompresi, dan membebaskan penyelam dari sebuah kondisi berbahaya yang dikenal dengan penyakit pengurangan tekanan udara. Disamping itu juga sebagai pencegahan berbagai penyakit seperti diabetes militus, emboli gas, keracunan CO dan CO2, pasca stroke, luka bakar, cangkokan kulit/penyambungan organ, osteomyelitis, autism, alergi, penyakit jantung coroner, meningkatkan libido, meningkatkan IQ, kebugaran, kecantikan dan lain-lain.

Dibangunnya peralatan ini dengan pertimbangan karena di wilayah Sulawesi Utara terdiri dari kepulauan dan lautan. Dan Sulawesi utara mempunyai icon wisata yang mendunia yaitu Taman Laut Bunaken dan pulau-pulau sekitarnya yang menawarkan wisata bawah laut seperti diving dan snorkling.

Sementara itu Kapusdokkes merasa bersyukur peralatan ini bisa terbangun di Sulawesi Utara. “Guna mewujudkan visi Kapolri yaitu membangun postur Polri yang profesional, modern dan terpercaya, kita senantiasa mengembangkan sarana dan prasarana kesehatan di jajaran Polri,” kata Kapusdokkes.

”Kita masyarakat patut berterima kasih pada Bapak Kapolda Sulut yang menginisiasi terpasangnya alat chamber ini,” lanjutnya.

Menurutnya, peralatan yang dibangun di Rumah Sakit Bhayangkara Manado ini merupakan yang ketiga di Indoensia, yang mempuyai chamber dengan 12 seat. “Satu milik Angkatan Laut dan dua ada di Polri, satu di Manado dan satu di Bali, peralatan ini merupakan alat yang paling besar dan paling modern,” terangnya.

Terkait personil yang akan mengawaki alat tersebut, pihaknya juga sudah melaksanakan pelatihan guna mengoperasionalkan alat tersebut dengan baik. “Tidak boleh salah harus sesuai dengan prosedur,” tandasnya.

Peresmian Instalasi Hiprbarik Chamber tersebut juga turut dihadiri oleh Kapolda Maluku Utara bersama isteri, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, Kepala BNP Sulut, Ketua Bhayangkari Sulut Ny. Ruthy Bambang Waskito, para PJU Polda, Kabid Dokkes Papua, para Pejabat Pusdokkes Polri, Kepala Dinas Kesehatan Sulut, Kepala Dinas Kesehatan Manado, para Kapolres dan komunitas divers di Sulawesi Utara.(fon)