Jems Tuuk Usulkan Pemprov Intervensi Izin Pertambangan Rakyat, Gubernur Tegaskan Tambang Bakan Milik Orang Bolmong, Bukan Orang Jakarta

Foto (Istimewa) Gubernur Olly Dondokambey 

INC, MANADO РPasca runtuhnya tambang bakan di  Pemkab Bolmong mengeluarkan pernyataan akan menutup tambang tersebut. Menanggapi hal tetsebut Jems Tuuk anggota DPRD Sulut pada pelaksanaan sidang paripurna di DPRD Sulut Jumat, 1 Maret 2019 menyerukan pada pemerintah Provinsi agar mengintervensi kebijakan tersebut.

Julius Jems Tuuk

Menurut Tuuk solusi terbaik bukanlah menutup tapi menciptakan regulasi.
“Nah, kalau kita berkaca dari UU No 4 tahun 2009 bahwa, regulasi dibuat oleh bupati dan DPRD itu ada di UU No 4 Tahun 2009 pasal 20 dan 21 itu jelas menyatakan. Jadi kalau ini diatur, saya yakin kejadian ini tidak akan terjadi,”tukas Tuuk.

Sedikit berbeda dengan pernyataan Jems Tuuk, Gubernur Olly Dondokambey justru tegas mengatakan tidak akan ada intervensi karena perizinan ada pada pemerintah Provinsi.
“yang jelas perizinan pertambangan ada di tangan pemerintah Provinsi apa yang harus di intervensi?, ada hal hal khusus diberikan pada pemerintah Kabupaten,”tegas Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan ini.

Pada media yang mengerubunginya Olly juga mengatakan bahwa tambang tersebut adalah milik orang Bolmong.
“milik orang Bolmong tambang rakyat itu bukan milik orang Jakarta, asal memenuhi regulasi, saya kasih izin, “pungkas Gubernur Olly Dondokambey.

Penulis : Robby Kumaat Mononimbar