Jems Tuuk : Olly Dondokambey Layak Jadi Cawapres Jokowi

Manado, INewscrime.com- Prediksi siapa pendamping Jokowi dalam Pilpres 2019 menjadi hal yang paling santer dibahas di hampir semua pembicaraan maupun diskusi publik di seantero negeri ini.

Bahkan isu tersebut menjadi komsumsi media yang hampir setiap hari menjadi head line pemberitaan media cetak, juga salah satu berita yang banyak dibaca oleh pembaca media on line. Dan hampir semua Stasiun TV Swasta maupun Nasional menjadikan itu sebagai berita utama.

Menariknya dalam pilpres kali  ini. Isu yang paling santer di bahas bukan hanya siapa yang akan menjadi lawan Jokowi dalam Pilpres nanti. Siapa yang akan mendampingi Jokowi juga tak kalah menariknya.

Sejumlah nama disebut layak mendampingi Jokowi. Mulai dari Surya Paloh, Rizal Ramli, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto hingga Prabowo pun sempat disebut sebagai salah satu figur yang bisa saja menjadi Cawapres Jokowi.

Terkait hal diatas pendapat berbeda disampaikan Jems Tuuk, Legislator PDI Perjuangan di Deprov Sulut. Dirinya justru menyebutkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey layak untuk jadi Cawapres Jokowi.

Hal tersebut dikatakannya saat dimintai pendapatnya oleh inewscrime.com tetkait siapa tokoh nasional yang layak disandingkan dengan Jokowi.

Pada INewscrime.com Tuuk mengatakan sosok  seorang Olly Dondokambey layak dikatakan sebagai tokoh nasional karena ketokohan beliau.

Kapasitas beliau layak di disejajarkan bahkan bisa melebihi tokoh lainnya dari kawasan indonesia Timur seperti Jusuf Kalla,” tukas Tuuk.

Tuuk mengatakan dalam tubuh PDI P semua kader adalah petugas partai. Sangat sulit untuk memprediksi siapa yang nantinya akan mendapat restu  menjadi pendamping Jokowi nantinya dalam Pilpres 2019 bisa saja dari luar PDIP tapi tidak juga menutup kemungkinan diambil dari kader PDIP sendiri.

Artinya jika skanario pendamping Jokowi diambil dari luar pulau Jawa maka bapak Olly Dondokambey merupakan pilihan logis, termasuk ketika Indonesia timur ingin mengangkat figur baru pengganti Jusuf Kalla maka Olly Dondokambey pilihan tepat karena sejauh ini hanya beliau figur Indonesia timur setelah Jusuf Kalla kiprah politik di pusat paling menonjol,” ujar Jems Tuuk.

Dikatakan oleh Tuuk tingkat kematangan Olly tidak hanya di dunia politik saja, menurutnya Olly Dondokambey adalah seorang negarawan dan juga seorang pendamai yang memiliki kharisma yang begitu kuat dan sangking kuatnya beliau mampu merangkul semua kalangan,” tukasnya.

“Sebagai tokoh nasional beliau hampir hampir tidak punya musuh, masih ingat perseteruan sengit KMP dan KIH pasca Pemilu dan Pilpres 2014 lalu?, hanya beliau yang mampu mencairkan persaingan panas kedua kubu,” ujarnya mengingatkan.

Beliau jarang bicara tapi banyak solusi. Beliau bukan sekedar politisi tapi juga negarawan sejati sehingga sangat layak beliau mendampingi bapak Jokowi di Pilpres 2019 mendatang,” tandas Jems Tuuk.

Lanjut dikatakan oleh Jems Tuuk, di level partaipun kiprah Olly Dondokambey sudah terbukti. Olly Dondokambey merupakan salah-satu tokoh sentral yang mendampingi Megawati Soekarno Putri di balik sukses PDI-Perjuangan. Hampir 3 periode di DPR-RI, Olly Dondokambey tampil hebat memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya melalui kue pembangunan yang dinikmati masyarakat Sulawesi Utara.

“Beliau kader setia dan kesayangan ibu Mega tak heran dipercayakan sebagai bendahara umum PDI-Perjuangan. Prestasi gemilang beliau di partai dan ketika menjadi anggota DPR-RI berdampak positif pada keterpilihan beliau ketika dipercayakan masyarakat Sulawesesi Utara menjadi gubernur dengan suara mayoritas pada Pilkada 2015 lalu. Kesimpulannya, beliau ini ibarat martabak komplit,” puji Jems Tuuk.

Terkait keistimewaan  Olly Dondokambey di mata Ketua Umum PDI P Megawati Soekarno Putri, pernah di lontarkan oleh Sekjend DPP PDI-Perjuangan Hasto Kristianto pada sebuah konferensi pers usai kegiatan PDI-Perjuangan yang diselenggarakan di GKIC 2016 silam.

“Dalam tubuh PDI-Perjuangan khususnya di DPP banyak bercokol tokoh tokoh nasional dan juga pengusaha hebat, tapi hanya seorang Olly Dondokambey yang dipilih oleh Ibu Mega sebagai bendahara umum PDI Perjuangan, itu artinya Pak Olly mempunyai kemampuan istimewa di banding kader lainnya,”ujar Hasto saat itu.

Kita ketahui bersama Megawati Soekarno Putri adalah Tokoh Sentral di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ketika beliau sudah mengambil keputusan tak ada satupun yang bisa membantahnya.

So!!!! Kita tunggu saja sampai Tahun depan keputusan seperti apa yang nantinya akan beliau (Ibu Mega) ambil terkait cawapres Jokowi. Bukan tidak mungkin Olly Dondokambey adalah figur tersebut, jika mengacu apa yang dikatakan oleh Hasto Kristiasto. (Robby)

Please follow and like us: