Jalan Raanan Baru Toyopon Diaspal, Ruas Jalan Ekstrim Belum Tersentuh, Papan Proyek Tidak Jelas, “Di Duga Ada Mark Up Anggaran”

Foto (Kumparan.com): Kondisi Terkini Ruas Jalan Raanan Baru- Toyopon Yang Belum Tersentuh Aspal.

Raanan Baru,INewscrime.com- Janji Pemkab Minsel untuk segera mengaspal ruas jalan Raanan Baru Toyopon mulai direalisasikan.

Pantauan INewscrime.com Jumat,3/01-2020 sekira hampir 3 Km ruas jalan tersebut telah diaspal mulai dari titik 0 yang berlokasi di Desa Raanan Baru 1, sayangnya selepas itu ruas jalan yang panjangnya sekira 2 Km yang kondisinya sangat parah justru tak tersentuh aspal.

Saat on the spot ke sebagian ruas jalan yang belum diaspal terpantau kondisinya memang memprihatinkan karena begitu banyak batu besar terhampar diruas jalan tersebut. Tanpa ketrampilan khusus dari pengendara dipastikan akan terjadi kecelakaan jika melintas di jalan tersebut.

Dikatakan oleh Bobby Kumaat orang Raanan Baru yang berdomisili di Manado. Sebagai orang Raanan Baru dirinya berterima kasih pada Pemkab Minsel karena sebagian ruas jalan Rabar-Toyopon sudah di aspal. Namun dirinya mempertanyakan,” dengan anggaran 5 M kenapa jalan tersebut hanya sebagian yang diaspal apalagi hanya sebagian drainase yang di buat disepanjang jalan yang baru diaspal tersebut,”ujar Bobi.

Boby juga mempertanyakan kenapa papan proyek pengaspalan tersebut hanya mencantumkan nominal anggaran dari proyek tersebut sedangkan Volume pekerjaannya tidak.
“masyarakat kan banyak yang tidak tahu berapa besar dan berapa panjang jalan yang bisa di aspal dengan anggaran 5 Milyar, seharusnya dinas PUPR Minsel terbuka dan menguraikan anggaran jalan tersebut pada papan proyek agar tidak timbul kecurigaan. Jangan salahkan kalau ada warga yang beranggapan ada mark up anggaran dari proyek tersebut,” tegas Bobby.

 

Sementara itu Rivay Rompas warga Manado yang orangtuanya berdomisili di Toyopon mengatakan masyarakat Toyopon tentunya berterima kasih karena sebagian ruas jalan sudah diaspal karena sudah lama Bupati CEP menjanjikan itu.

“So dari 2011 bupati CEP so janji mo bekeng tapi nda kunjung bekeng. Tahun 2015 bahkan di salah satu medsos ada statement dari akun yang mengatasnamakan CEP bilang klu jalan Raanan baru- toyopon masih dirintis. Tahun 2016 CEP di akun medsos yang sama janji 2017 bekeng karena so tertata di APBD Minsel. Bahkan sempat ada statement dari Kadis kurng lebih sama dengan pernyatan Bupati. Sampe 2018 belum juga jelas. Tapi di akhir 2019 so mulai dikerjakan walaupun sepertinya belum mksimal karena ruas jalan itu belum digunakan oleh mas Toyopon. Anggarannya lumayan besar walaupun ada kesalahan penempatan titik 0 sehingga pekerjaan pengaspalan tidak menyentuh daerah daerah yang rawan. Kami berharap awal tahun ini pekerjaannya dilanjutkan karena itu ruas jalan strategis mengingat jalan penghubung toyopon – keroit sangat rawan,”tandasnya.

Di ketahui saat ini ada ruas jalan baru yang di buat oleh Pemkab Minsel yang menghubungkan Toyopon dan desa Keroit dan Raanan Baru. Namun masyarakat Toyopon masih sangat berharap ruas jalan lama Toyopon Raanan Baru segera selesai karena jarak tempuhnya masih lebih dekat di bandingkan ruas jalan Toyopon- Keroit-Raanan Baru.

“Masyarakat lebih diuntungkan jika ruas jalan tersebut telah terhubung karena dari sisi perekonomian hasil pertanian warga Toyopon akan lebih mudah dipasarkan dan para pembeli rica,Kopra, maupun cengkih dan hasil pertanian lainnya lebih mudah menjangkau para petani didesa Toyopon,”kata Obi Kodongan warga Toyopon.

(Middle O)