Hari Terakhir Pembahasan LKPJ Gubernur 2017, Karinda Pertanyakan Keberadaan Komite Pada Komisaris Utama Bank Sulut

INewscrime.com- Sekretaris Pansus LKPJ Gubernur Sulut 2017 James Karinda dalam sidang lanjutan pembahasan LKPJ Gubernur 2017 mempertanyakan keberadaan komite yang tidak berlatar belakang perbankan, Senin (17/04) siang.

Foto Suasana Pembahasan LKPJ Gubernur Sulut 2017 Antara Pansus Dan Bank Sulut.

Walaupun dirinya mengakui Keberadaan Komite dalam dunia perbankan sangat dibutuhkan mengingat tingginya risiko yang melekat pada aktivitas perbankan dimaksud. Namun dirinya menyoroti keberadaan 3 personel komite di tubuh Bank SulutGo yang dalam sistem perekrutannya tidak sesuai dengan bidang perbankan.

“Sangat disayangkan. Karena ada orang-orang yang ada didalam sebelumnya tersisih karena kehadiran orang-orang yang tidak berkompeten dan mereka yang sudah terbengkalai,” papar Karinda seraya menegaskan bilamana fungsi komite harus diimbangi dengan pembekalan agar ada pemahaman kinerja dan mengantisipasi ketimpangan.

Menanggapi pertanyaan tersebut,  Komisaris Utama (Komut) Bank SulutGo Sanny Parengkuan dalam rapat menjelaskan, menyangkut Komite adalah alat kelengkapan komisaris.

“Secara tekhnis tidak harus berpengetahuan perbankan, yang dipersyaratkan itu adalah yang harus tahu hukum sudah berpengalaman dalam administrasi pengawasan, karena tugas Komite lebih banyak terkonsentrasi dalam pengawasan. Dan membantu komisaris secara operasional di lapangan,” papar Parengkuan.

Lanjut dijelaskan mantan Asisten II yang membidangi perekonomian ini, adapun mekanisme dalam perekrutan Komite BSG melewati sejumlah tahapan.

“Kita buat pembukaan, kemudian dilakukan tes dan penerimaan. Selanjutnya, mereka yang diterima harus diberikan pendidikan. Makanya sebelum dilaksanakan tugas kami internal memberikan pembekalan. Ada juga diikutsertakan dalam workshop dan seminar. Sedangkan untuk status Komite dalam BSG, adalah sebagai tenaga kontrak. Setiap tahun dilakukan evaluasi terhadap personel Komite ini. Kalau tidak sesuai dengan ekspektasi maka diputus kontraknya,” Pungkasnya. (Robby)