Hari Ini Enam Sekolah Hearing Dengan Komisi IV Deprov Sulut Terkait “Pungli”

Di sampaikan oleh Ketua Komisi IV bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pendidikan DPRD Sulut James Karinda. Menindak lanjuti laporan masyarakat pihaknya telah memanggil sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk rapat dengar pendapat (hearing) terkait masih adanya pungutan uang komite.

Adapun Sekolah Sekolah tersebut adalah SMA 1 Manado, SMA 2 Manado, SMA 9 Manado, SMA 7 Manado, SMK 1 Manado dan SMK 2 Manado

“Ada banyak sekolah yang dilaporkan. Dan kami mulai dengan enam SMA/SMK yang ada di Manado, karena mereka paling banyak laporan,” ujar Karinda, Rabu (17/1/2018).

Tak hanya itu saja Karinda mengatakan, pihaknya juga  akan memanggil sejumlah  sekolah dari Tomohon dan Bolmong yang juga di diadukan masyarakat karena disinyalir masih melakukan pungli yang berkedok partisipasi. Kabarnya bahkan mencapai kisaran 300 ribu rupiah per siswa.

“SMA, SMK dan sederajatnya sudah punya anggaran cukup. Tak boleh memungut uang SPP karena sudah dianggarkan pemerintah. Ada pula dana BOS dari pusat. Gaji guru dan honorer pun sudah dialokasikan di APBD Provinsi. Di bahasakan seperti apapun jika masih meminta uang pada siswa  itu adalah pungli, ” tegas Karinda. (Bob)