Hanura Pecah, Moeldoko Bakal Dilantik Kepala Staf Presiden Hari ini

Inewscrime.com – Jakarta – Kabar perombakan kabinet atau reshuffle menteri kabinet kerja Jokowi-JK berhembus Rabu (17/1) ini.

Menurut agenda, Presiden Jokowi akan melantik sejumlah pejabat negara di Istana Negara pagi ini.

Kabar yang beredar Presiden akan melantik Marsekal Madya Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru. Selain itu, dari undangan pelantikan yang beredar di kalangan jurnalis, Jokowi juga akan melantik menteri kabinet kerja dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Mengharap dengan hormat kehadiran Bapak/lbu/Saudara pada acara PELANTIKAN MENTERI KABINET KERJA SISA MASA JABATAN PERIODE TAHUN 2014 – 2019 dan ANGGOTA DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN serta KEPALA STAF ANGKATAN UDARA oleh PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA hari Rabu, tanggal 17 Januan 2018, pukul 09.00 WIB bertempat di Istana Negara, Jakarta,” tulis undangan tersebut.

Isu reshuffle kembali mencuat seiring pencalonan Mensos Khofifah Indar Parawansa dalam Pilgub Jatim 2018. Selain itu posisi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang merangkap sebagai Ketua Umum Golkar juga masih menjadi misteri. Apakah Airlangga bakal diganti atau dipertahankan.

Selain pelantikan KSAU, beredar pula nama Idrus Marham, Sekretaris Jendral Golkar dipilih menggantikan Khofifah, kemudian Kepala Staf Presiden (KSP) yang dijabat Teten Masduki akan digantikan oleh politisi Hanura yang juga mantan Panglima TNI, Jendral (Pur) Moeldoko, dan ada juga nama Wantimpres, Agum Gumelar. Tiga nama terakhir ini belum terkonfirmasi.

(gatra)