Gubernur Olly Dondokambey, Tinggal Tunggu Waktu, “Masalah UKIT Beres”

iNewscrime.com, Manado – Status Universitas Kristen Indonesia Tomohon yang hingga kini belum mempunyai kejelasan, menjadi hal penting yang disampikan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey  saat Konsultasi Pria Kaum Bapak Sinode GMIM di jemaat GMIM Bukit Moria Tikala Baru,  Jumat, 29/7-2017.

Foto : Gubernur Sulut Olly Dondokambey Saat Menghadiri Rapat Konsultasi PKB Sinode GMIM Di Jemaat GMIM Bukit Moria Tikala Baru. 

Disampaikan oleh Gubernur seperti yang pernah di janjikan bahwa dirinya akan bertemu  dengan Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk membicarakan penyelesaian masalah UKIT. Hal tersebut sudah dirinya lakukan.

“Saya sudah ketemu pak Meteri, pak Menteri sudah sepakat (UKIT) dikembalikan kepada pemilik, karena menurut pak Menteri ini menyangkut Undang-Undang Yayasan, nah saat ini yang berkuasa di Yayasan itu (adalah) Dewan Pembina, nah Dewan Pembina itukan BPMS (Badan Pekerja Majelis Sinode), jadi kalau BPMS mau ganti siapapun tiap hari ini hak pengurus Yayasan, karena yang punya hak dorang (BPMS GMIM),” jelas Olly Dondokambey.

Di tambahkan oleh Gubernur hal ini jadi runcing karena banyak orang pinter tidak memahami hal ini.

“Kita bilang pa (pada) pak Menteri ini sudah jelas dan clear, tinggal mau tunggu pertemuan berikut muda-mudahan hari Senin ini (4/9/2017) pak Ketua (BPMS Pdt DR Henny William Booth Sumakul PhD) dengan kita (saya) akan ketemu pak Menteri,” tutur Olly Dondokambey.

Meski demikian Olly Dondokambey mengakui belum ada surat keputusan dari Menteri Risetdikti namun menurut dia surat tersebut sudah keluar.

“Jadi surat belum ada, dorang (mereka/Kementerian Risetdikti) belum beking itu surat, mo tunggu pertemuan langsung dengan pak Ketua (Ketua BPMS GMIM) baru Menteri kase (beri) itu surat. Jadi dikembalikan segala sesuatu ini sesuai dengan aturan yang ada, bahwa Yayasan itu milik Dewan Pembina, Dewan Pembina itukan BPMS,” ujar Olly Dondokambey.

Dia menambahkan hal itu berarti kewenangan ada pada BPMS, baik untuk menetapkan Yayasan maupun pengurus.

“Jadi kalau Dewan Pembina so (sudah) tunjuk siapa Yayasan, Yayasan tunjuk siapa pengurus, itu dorang (BPMS) pe urusan,” tegas Olly Dondokambey.

Berkaitan dengan hal tersebut Gubernur berharap pada seluruh warga GMIM untuk dapat menjaga induk organisasi gereja GMIM agar tetap solid serta mampu mengatasi permasalahan di GMIM sendiri.

“Toh organisasi ini juga dibatasi oleh aturan (yang sudah dibuat bersama), jadi ada masa-masanya (jangka waktu jabatan struktur BPMS). Jadi saya kira jangan kuatir, karena dulu diributkan ditutup, tidak boleh terima mahasiswa, kan sampai sekarang tidak keluar surat penutupan, jadi jangan kuatir (isu) UKIT mau ditutup, tinggal tunggu waktu, persoalan ini Beres,” tutur Olly Dondokambey yang langsung disambut tepuk tangan seluruh peserta rapat konsultasi.

(Redaksi)