Dugaan Korupsi Bantuan Banjir 2014, GS Vicky Lumentut & Roy Roring Terendus

Foto (istimewa) : GS Vicky Lumentut & Roy Oktavianus Roring. 

INewscrime.com– Pemanggilan GSVL untuk Diperiksa sebagai saksi dalam dugaan korupsi memasuki babak baru.

Diketahui pada 2 Oktober 2018 GS.Vicky Lumentut yang nota bene adalah Walikota Manado memberi kesaksian bahwa pengusulan bantuan sejak January 2014 kepada pemerintah pusat, hampir sekitar 23 bulan kemudian baru dananya turun.

Dalam kesaksiannya Lumentut mengatakan bahwa setelah bantuan dana dari pemerintah pusat turun dan masuk ke kas daerah pada bulan Desember 2015, dirinya sudah bukan Walikota Manado lagi.

Menariknya pasca pemeriksaan tersebut ada nama baru yang masuk dalam pusaran disebut sebut dalam kasus dugaan korupsi tersebut.

Betdasarkan pengasan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, Maximilian Tatahede menyebut nama Bupati Kabupaten Minahasa, Ir. Roy Octavianus Roring.

Menanggapi ini, Roy Roring yang kini terpilih sebagai Bupati Minahasa mengatakan tak ingat betul soal dana bencana tersebut.

“Penyaluran setahu saya itu melalui badan keuangan yang berkoordinasi dengan BPBD Manado dan dimasa itu penyalurannya, saya tidak lama menjabat sebagai Plt Manado,” Jelas Roy Roring,Sabtu (5/9/2018).

Disampaikan Roring, Pengusulan itu dari pemerintah sebelumnya, karena kejadiannya 2014 dan disulkan 2015.

“Saya tidak tahu dimana penyimpangannya, hanya saja yang jelas, saat itu saya tahu ada konsultan dan tim dari pusat,” Ungkapnya.

Untuk jumlah korban bencana, dikatakan Roring dirinya tidak ingat pasti jumlah yang diakomodir untuk mendapatkan bantuan bencana.

“Untuk jumlah usulan korban bencana saya tidak tahu karena pemerintah yang lalu yang usulkan, untuk pengurangan jumlah korban saya tidak pernah mengetahuinya, namun yang jelas, untuk penyaluran ditangani badan keuangan dan yang terpenting, saya menjabat tidak lama sebagai Plt. Wali kota Manado pada 8 Desember 2015 sampai 9 Mei 2016,” pungkas dia.

(Redaksi)