DPRD Sulut Gelar Paripurna Pemberhentian Dan Pengangkatan Gubernur

DPRD Sulut Gelar Paripurna Pemberhentian Dan Pengangkatan Gubernur

DPRD SULUT, INC — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat paripurna dalam rangka pengumuman usul pengesahan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur Sulut masa jabatan tahun 2016-2021, serta pengumuman usul pengesahan pengangkatan pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulut terpilih dalam pemilihan tahun 2020. Agenda ini dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Sulut, Senin (25/1).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD dr. Andi Silangen dan didampingi oleh Victor Mailangkay, James Kojongian dan Billy Lombok selaku Wakil Ketua DPRD. Hadiri juga Gubernur Sulut Olly Dondokambey secara virtual serta Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw.

Mencermati kondisi wabah Covid-19 saat ini maka mekanisme rapat dilakukan dengan memadukan kehadiran secara virtual dan fisik, yang diawali dengan pemeriksaan rapid antigen bagi tamu dan undangan.

Pada kesempatan itu, dr. Andi Silangen menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, S.E., dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw, yang telah menorehkan sejumlah kesuksesan mengacu pada visi dan misi Sulut 2016-2021.

“Pencapaian yang diraih antara lain pertumbuhan ekonomi makro yang semakin baik di atas rata-rata nasional, pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang telah masuk kategori tinggi, penurunan tingkat kemiskinan menjadi yang terendah se-Sulawesi, bahkan lebih rendah dibandingkan presentase penduduk miskin nasional,” kata Silangen.

Dalam rapat paripurna itu diagendakan juga pembacaan surat masuk dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut oleh Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu. Berdasarkan surat masuk tersebut, rapat paripurna dilanjutkan dengan penetapan Olly Dondokambey, S.E., dan Drs. Steven O. E. Kandouw sebagai calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam pemilihan tahun 2020.

Ketua DPRD Sulut dan wakil gubernur juga menyampaikan rasa simpati dan keprihatinan yang mendalam kepada warga masyarakat Sulut yang tertimpa musibah bencana alam banjir dan tanah longsor.

Wakil Gubernur dalam sambutan mewakili Gubernur mengatakan bahwa momentum ini adalah sukacita masyarakat Sulut.

“Saya mengajak warga untuk saling topang, bahu-membahu, mendoakan pemerintah agar tetap mampu menjalankan tugas dengan baik dan mampu menjawab amanat rakyat dengan kinerja yang optimal dalam rangka menjadikan Sulut Hebat,” kata Kandouw.

Rapat paripurna turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.
(Advertorial)