Foto : Andrei Angouw Saat Memimpin Sidang Paripurna DPRD Sulut.

Sulut,INewscrime.com- 45 legislator DPRD Sulut telah didapatkan dari hasil rekapitulasi KPU yang hasilnya juga sudah dilaporkan ke KPU RI dan dinyatakan sah pada 15 Mei 2019 kemarin.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, sama seperti 5 tahun yang lalu, PDI Perjuangan kembali menguasai parlemen dengan 18 kursi yang mereka raih. Yang artinya tanpuk pimpinan DPRD Sulut jadi milik PDI Perjuangan.

Dari 18 kader PDI Perjuangan di DPRD Sulut ada 5 nama yang di prediksi berpotensi menjadi Ketua DPRD karena beberapa pertimbangan.

1. Andrei Angouw (Ketua DPRD Sulut 2014-2019/Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut )

2. Rocky Wowor (Bendahara Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Sulut)

3. Richard Sualang ( Wakil Ketua DPRD Kota Manado/Ketua DPD PDI Kota Manado)

4. Athur Kotambunan (Eks Dirut PD Membangun Sulut Hebat/Eks Anggota DPRD Sulut Partai Damai Sejahtera (2009-2014).

5. Djein.L.Rende (Istri Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap)

6. Berty Kapojos (Ketua DPRD Minut priode 2014-2019).

Terkait 6 nama diatas, pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka mengatakan pada dasarnya semua mempunyai peluang yang sama karena memiliki kelebihan masing.masing.
“seperti Rocky Wowor dan Djein L Rende memperoleh suara terbanyak dan memecah angka 40.000 suara. Richard Sualang adalah Ketua DPC PDIP Manado dan sementara jadi Pimpinan DPRD Manado, Arthur Kotambunan pernah menjadi Pimpinan DPRD Sulut, sedangkan AA menempati posisi strategis di DPD PDIP Sulut sebagai bendahara dan berhasil menarik gerbong suara PDIP di dapil Manado,”ujar Tumbelaka.

Secara formal biasanya PDI Perjuangan melakukan fit and proper test terhadap calon Ketua DPRD Sulut,”ujarnya lagi.

Lebih lanjut Tumbelaka mengatakan, “Namun biasanya yang namanya organisasi politik seperti partai politik pasti ada faktor X yang bisa menjadi point tambahan penguatan, misalkan senioritas, jumlah suara, jabatan dalam organisasi dan hubungan kedekatan dalam arti positif agar bisa bekerjasama dengan Pimpinan organisasi dalam hal ini Ketua PDI Perjuangan serta rekam jejak. Untuk Ketua DPRD setingkat propinsi biasanya akan digodok terakhir di tingkat Pusat atau DPP.

Terkait siapa yang berpeluang, tentunya semua berpeluang namun yang nampak mengkristal adalah Andre Angouw (AA) dikarenakan yang bersangkutan memiliki sejumlah nilai plus.

Menurut Taufik, rasanya logis jika AA nantinya yang akan ditetapkan dikarenakan posisi saat ini sedang menjabat dan selama menjabat sebagai Ketua DPRD Sulut, AA nampak belum pernah melakukan kesalahan yang mendasar.

Di bagian akhir Tumbelaka mengatakan ada satu nama yang patut di perhitungkan yaitu Berty Kapoyos yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Minut dan berhasil tembus ke DPRD Sulut.
“Sebagai Putra Tonsea rasanya layak jika Berty masuk nominasi,”pungkas Tumbelaka.

(Robby Kumaat Mononimbar)

Di Sodorkan 6 Nama, Tumbelaka Katakan AA Paling Layak Ketua DPRD Sulut 2019-2024

Contoh Widget

Ini adalah contoh widget untuk menunjukkan bagaimana sidebar Kiri tampil. Anda dapat menambahkan widget kustom dari layar widget. Jika widget kustom ditambahkan makan yang ini akan ditimpa.